vitamin/helpguide.org
Health

Amankah Mengonsumsi Multivitamin Setiap Hari?

Arlina Laras
Kamis, 8 Juni 2023 - 09:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Beberapa studi menunjukkan mengonsumsi multivitamin dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tertentu, terutama pada individu yang memiliki kekurangan nutrisi atau diet yang tidak seimbang.

Namun, dalam beberapa kasus, sebagian orang merasa jika mereka sudah mendapat sumber utama nutrisi yang optimal, maka tidak perlu lagi untuk mengonsumsi multivitamin.

Lantas, seperti apa faktanya?

Melansir dari Healthline, multivitamin sendiri adalah suplemen yang mengandung berbagai vitamin dan mineral, serta mungkin juga mengandung bahan lainnya. 

Penting untuk dicatat bahwa tidak ada standar yang ditetapkan untuk apa yang dianggap sebagai multivitamin, sehingga komposisi nutrisi dari satu merek atau produk multivitamin dapat berbeda dengan yang lainnya.

Apakah multivitamin benar-benar dibutuhkan tubuh?

Seorang Dokter Konsultan Rumah Sakit Godrej Memorial Mumbai Adrita Banerjee mengatakan multivitamin adalah suatu yang esensial dan mikronutrien sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit.

“Vitamin A membantu penglihatan, Vitamin C membantu membangun kekebalan, Vitamin E membantu mencegah kerusakan saraf, Vitamin B-kompleks adalah sumber regenerasi saraf serta energi, Vitamin D penting untuk kesehatan tulang dan Vitamin K membantu pembekuan darah. darah,” kata Banerjee

Menurutnya, vitamin dan mikronutrien esensial ini ada dalam makanan  yang sebenarnya sudah terproses saat kita makan. Akan tetapi jumlah yang kita butuhkan biasanya hanya akan tercapai setelah mengonsumsi diet seimbang.

Jika terlalu banyak atau terlalu sedikit vitamin dan mikronutrien ini sama-sama berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itu, jika orang mengonsumsi makanan seimbang dan memenuhi kebutuhan diet mereka melalui sumber alami, mereka mungkin tidak memerlukan suplemen tambahan. 

Lain halnya, apabila  sumber makanan tidak mencukupi, barulah mereka harus mengonsumsi suplemen multivitamin.

Hal ini juga disetujui oleh Pelatih Gaya Hidup, Olahraga, dan Nutrisi serta pendiri 'LEAN by Suvidhi' Suvidhi Jain mengatakan kepada indianexpress.com bahwa penting untuk dipahami bahwa multivitamin tidak dapat mengimbangi pola makan yang buruk.

“Penting untuk ditekankan bahwa jika Anda menjaga pola makan yang baik dan seimbang, umumnya tidak diperlukan multivitamin. Makanan asli adalah raja, dan fokus utama harus mendapatkan semua mikronutrien yang diperlukan melalui makanan Anda,” kata Jain.

Namun, hal ini menjadi pngecualian untuk beberapa orang yang mungkin memiliki kondisi medis atau faktor gaya hidup yang meningkatkan kebutuhan nutrisinya atau memengaruhi penyerapan nutrisi.

Dalam kasus seperti itu, penyedia layanan kesehatan dapat merekomendasikan suplemen khusus, termasuk multivitamin, untuk mengatasi segala kekurangan dan memastikan asupan nutrisi yang optimal.

“Misalnya, individu dengan pantangan makanan tertentu, seperti vegan atau vegetarian, mungkin merasa lebih sulit untuk mendapatkan nutrisi tertentu hanya dari sumber nabati,” jelas Jain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro