Kecerdasan emosional
Health

Ini Tanda Kehidupan Pribadi Perlu Diperbaiki

Sabina Arla Yogandini
Kamis, 8 Juni 2023 - 14:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tinggal di satu tempat yang sama sepanjang hidup Anda, bukan berarti Anda berhenti untuk membuat suatu kemajuan dalam diri Anda. Anda tidak dapat menyerah begitu saja disaat Anda tetap berada di tempat yang stagnan, justru Anda perlu melawannya.

Ada banyak alasan yang membuat Anda berada dalam kebiasaan hidup yang membosankan. Berikut adalah tips untuk membuat hidup Anda terus bertumbuh, dikutip Bolde:

1. Anda menghakimi dengan kasar 

Terdapat perbedaan antara menghakimi teman atas perilakunya dan menghakimi seorang terkait hal yang serius seperti SARA. Seseorang dapat dikatakan tidak berkembang atau bertumbuh secara pribadi apabila masih melihat seorang dari luar saja dan langsung menghakimi yang didasarkan oleh stereotip negatif dan bias. 

2. Anda cenderung melakukan sesuatu secara berulang-ulang

Melakukan sesuatu secara berulang-ulang dan berharap sesuatu akan berhasil, maka tidak akan pernah menunjukkan hasil yang berbeda. Apabila Anda ingin meraih sesuatu, Anda perlu menggunakan berbagai cara atau strategi yang berbeda sampai menemukan hasil yang terbaik.

3. Anda tidak pernah belajar dari kesalahan Anda

Jika Anda terus melakukan kesalahan yang sama dan bertanya-tanya apa yang sedang terjadi, Anda hanya bisa menyalahkan diri Anda sendiri. Seseorang yang melakukan kesalahan perlu untuk belajar dari kesalahan tersebut, bukan malah mengulanginya kembali. 

4. Anda mendasarkan keputusan pada emosi

Mungkin sangat penting untuk membiarkan diri Anda menjadi emosional dan mengekspresikan emosi, tetapi orang yang telah tumbuh dan berkembang akan berpikir dengan kepala. Jika semua orang bereaksi dengan emosi, situasi akan memburuk dan masalah tidak dapat terselesaikan dengan baik.  

5. Anda merasa bahwa teman-teman Anda berkembang tanpa Anda

Pernahkah Anda berhenti dan  menyadari bahwa semua orang yang Anda kenal sudah dewasa? Jika hal itu terjadi, Anda perlu melihat kembali bagaimana pola kehidupan Anda dan memeriksa hal yang sekiranya perlu Anda perbaiki. 

6. Anda tidak pernah mengambil risiko

Dalam hidup, Anda juga perlu mengambil risiko dan berusaha untuk keluar dari zona nyaman. Kerap kali risiko memberi Anda rasa takut atau tantangan yang besar, tetapi hal itu yang dapat memberikan Anda pembelajaran dan pengalaman untuk berkembang. 

7. Anda mengabaikan perjalanan dan fokus pada garis finish

Tak jarang, Anda akan lebih fokus pada tujuan akhir daripada perjalanan yang Anda lalui. Dengan menikmati perjalanan, Anda tidak hanya dapat melihat dan mendengar kehidupan, tetapi juga menjadi bagian darinya dan merasakannya. Anda tidak dapat tumbuh sebagai pribadi jika Anda tidak membiarkan diri Anda menjadi bagian dari kehidupan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro