Sahabat di tempat kerja/ilustrasi
Relationship

Positif dan Negatifnya Punya Sahabat di Tempat Kerja

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 11 Juni 2023 - 11:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah Anda punya seorang sahabat di tempat kerja?

Berteman atau bersahabat di lingkungan kerja bisa memiliki efek negatif dan positif untuk diri Anda maupun pekerjaan.

Itulah mengapa ada beberapa orang yang membatasi pertemanan di lingkungan kerja dan membedakan antara kehidupan pekerjaan dan pribadinya.

Tapi, banyak juga yang memiliki sahabat di lingkungan kerja yang berhasil hubungannya untuk saling mendukung satu sama lain.

Untuk lebih jelasnya, berikut efek negatif dan positif punya sahabat di tempat kerja seperti dilansir dari Times of India

Efek Positif

1. Bantuan emosional

Pekerjaan bisa membuat stres, dan memiliki sahabat di tempat kerja memberikan dukungan emosional. Mereka bisa menjadi bahu untuk bersandar selama masa-masa sulit.

Mereka dapat mendorong Anda untuk bertahan dan sangat pengertian. Berbagi frustrasi dan kesuksesan dengan kolega tepercaya dapat meningkatkan kesejahteraan mental Anda.

2. Meningkatnya kepuasan kerja

Memiliki teman kerja terbaik dapat meningkatkan kepuasan kerja Anda. Ikatan dengan rekan kerja menumbuhkan rasa memiliki dan membuat tempat kerja lebih menyenangkan.

Menikmati kebersamaan dengan teman-teman Anda di tempat kerja dapat membuat setiap hari lebih memuaskan, yang mengarah pada kepuasan keseluruhan yang lebih besar terhadap pekerjaan Anda.

3. Kerja tim

Hubungan dekat dengan rekan kerja dapat meningkatkan kolaborasi dan kerja sama tim. Ketika Anda memiliki ikatan yang kuat dengan seseorang.

Anda akan lebih mungkin untuk berkomunikasi secara efektif, percaya pada kemampuan satu sama lain, dan bekerja sama dengan lancar. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan produktivitas dan hasil yang lebih baik pada proyek tim.

Negatif

1. Politik Kantor

Memiliki sahabat di tempat kerja terkadang dapat menimbulkan persepsi pilih kasih atau bias. Rekan kerja Anda yang lain mungkin merasa dikucilkan atau percaya bahwa promosi atau peluang diberikan berdasarkan hubungan pribadi, bukan berdasarkan prestasi. Hal ini dapat menciptakan ketegangan dan lingkungan kerja yang negatif.

2. Gosip dan konflik

Selalu ada risiko terlibat dalam gosip di tempat kerja. Ini dapat menyebabkan kesalahpahaman, konflik, atau bahkan merusak reputasi profesional Anda. Menyeimbangkan persahabatan dan profesionalisme dapat menjadi tantangan, dan konflik antara sahabat kerja dapat mempengaruhi hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan.

3. Perspektif dan klik yang terbatas

Saat Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda dengan sahabat kerja, Anda mungkin membatasi interaksi Anda dengan rekan kerja lainnya. Ini dapat menghambat kolaborasi dan keragaman ide di tempat kerja. Sangat penting untuk menjaga keseimbangan antara menjaga hubungan dekat dan terlibat dengan rekan kerja yang lebih luas.

4. Kehilangan privasi

Menjadi teman dekat di tempat kerja dapat mengaburkan batas antara kehidupan pribadi dan profesional Anda. Anda dengan cara mempertaruhkan informasi pribadi Anda atau detail sensitif yang dapat dibagikan secara tidak sengaja atau sengaja, berpotensi membahayakan privasi atau kerahasiaan Anda.

Sering kali, yang disebut sahabat kerja kami dapat menggunakan percakapan pribadi dengan Anda, melawan Anda jika ada masalah yang muncul dan mereka harus menyelamatkan diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro