Ilustrasi perempuan mengalami gejala asam lambung/Freepik
Health

Ini Makanan yang Bisa Dimakan atau Harus Dihindari untuk Penderita GERD dan Maag

Salma Permata Dewi
Senin, 12 Juni 2023 - 20:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Asam lambung atau GERD merupakan penyakit yang umum ditemukan di Indonesia. Penderita GERD harus pintar memilih makanan agar penyakitnya tidak kambuh.

GERD mungkin dialami oleh tiap orang sesekali, biasanya Anda akan merasa mulas atau mendapati gas di perut. Namun, dilansir dari John Hopkins Medicine, beberapa orang menderita rasa yang tidak nyaman pada tubuh, seperti rasa terbakar, kembung, dan sering bersendawa. 

Sfingter esofagus merupakan tabung berotot yang memungkinkan makanan masuk ke perut dan kemudian menutup untuk menghalanginya naik kembali. Tabung berotot tersebut melindungi kerongkongan dari asam lambung. Namun, sfingter yang mengendur mengakibatkan makanan dapat terdorong ke atas melalui bukaan yang longgar dan menyebabkan refluks asam.

GERD biasanya dipicu oleh beberapa kondisi, salah satunya adalah makanan. Makanan tertentu dapat memperburuk gejala GERD, seperti rempah-rempah dan minuman bersoda. Oleh karena itu, menghindari makanan-makanan yang dapat memicu dapat meringankan gejala GERD. 

"Diet memainkan peran utama dalam mengendalikan gejala refluks asam dan merupakan terapi lini pertama yang digunakan untuk penderita GERD," kata Ekta Gupta, ahli gastroenterologi di Johns Hopkins Medicine.

Dilansir dari Medical News Today, tinjauan pada 2021 menunjukkan bahwa makanan tertentu, seperti buah dan sayuran, dikaitkan dengan risiko GERD yang lebih rendah. Lalu, sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa mengikuti diet Mediterania, yang kaya akan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan lemak tak jenuh, dapat membantu meringankan gejala GERD. Berikut makanan yang aman bagi penderita GERD.


1. Sayuran

Sayuran rendah lemak dan gula merupakan sumber serat dan karbohidrat yang bermanfaat. Penderita GERD dapat memakan sayur-sayuran seperti asparagus, brokoli, kecambah, bunga kol, mentimun, kacang hijau, kubis, bayam, kentang, dan banyak lagi.


2. Buah

Makan buah nonsitrus cenderung memicu gejala GERD. Walaupun demikian, buah juga merupakan sumber vitamin C, serat, magnesium, dan potasium yang cocok untuk penderita GERD. Pilihlah buah seperti apel, alpukat, pisang, beri, dan banyak lagi.


3. Protein

Konsumsi juga protein tanpa lemak dari sumber rendah lemak jenuh, seperti almond, kacang polong, ikan, makanan laut, ayam tanpa kulit, telur, dan lainnya. Selain itu, saat memasak protein, coba gunakan metode seperti memanggang atau merebus.


4. Lemak

Aturan umum untuk GERD adalah menghindari atau mengurangi lemak jenuh dari daging dan susu. Lalu juga hindari lemak trans dari makanan olahan. Penderita GERD dapat mengganti lemak-lemak tersebut dengan makanan yang mengandung lemak sehat dalam jumlah sedang. Makanan itu seperti minyak zaitun, mentega kacang, ikan dengan lemak, biji-bijian, dan banyak lagi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro