Ginjal/thekidneysolution.com
Health

Tanda-tanda Sakit Ginjal, dari Kulit Kering hingga Mata Bengkak

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 13 Juni 2023 - 15:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tes penyakit ginjal sangat penting Anda lakukan setiap tahun jika Anda menderita diabetes, tekanan darah tinggi, riwayat keluarga gagal ginjal, atau jika Anda berusia lebih dari 60 tahun dan berisiko terkena penyakit ginjal.

Pasalnya, banyak penderita ginjal yang tidak menyadari terancam dalam bahaya hingga memasuki stadium berat yang berakibat pada kematian.

Banyak penderita ginjal yang baru terdiagnosa ketika mereka harus menjalani cuci darah sepanjang hidupnya.

Padahal, ada beberapa indikator potensial bahwa Anda mungkin menderita penyakit ginjal berikut ini

1. Kulit Anda gatal dan kering​

Fungsi ginjal yang sehat sangat luas. Mereka membantu membuat sel darah merah, menjaga kesehatan tulang, membuang limbah dan kelebihan cairan dari tubuh Anda, menjaga kadar mineral yang tepat dalam darah Anda, dan membantu produksi sel darah merah.

Ketika ginjal tidak mampu mempertahankan keseimbangan mineral dan nutrisi yang tepat dalam darah Anda, penyakit ginjal yang parah sering kali disertai dengan penyakit mineral dan tulang, yang dapat bermanifestasi sebagai kulit kering dan gatal.

2. ​​Sangat ingin buang air kecil​

Kebutuhan untuk buang air kecil lebih sering, terutama pada malam hari, dapat mengindikasikan adanya penyakit ginjal. Peningkatan keinginan untuk buang air kecil dapat terjadi akibat kerusakan pada filter ginjal. Ini kadang-kadang juga menunjukkan infeksi saluran kemih atau pembesaran prostat pada pria.

3. ​​Bengkak di sekitar mata​

Indikasi awal bahwa filter ginjal telah terganggu dan memungkinkan protein lolos ke urin adalah adanya protein dalam urin. Ginjal Anda mungkin melepaskan banyak protein ke dalam urin daripada menyimpannya, itulah sebabnya Anda mungkin mengalami bengkak di sekitar mata.

4. ​​Pergelangan kaki dan kaki bengkak​

Kaki dan pergelangan kaki Anda mungkin membengkak akibat retensi garam yang disebabkan oleh penurunan fungsi ginjal. Selain itu, pembengkakan di tungkai bawah mungkin merupakan gejala penyakit jantung, penyakit hati, atau masalah vena kaki yang terus-menerus.

5. ​​Nafsu makan menurun

Tidak merasa lapar meski berjam-jam tidak boleh diabaikan. Ini adalah gejala yang relatif umum, tetapi salah satu penyebabnya bisa jadi adalah penumpukan racun yang disebabkan oleh gangguan fungsi ginjal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro