Lokasi tersepi Olympic National Park, Washington/Olympic
Travel

Tempat-Tempat Paling Sepi yang Ada di Bumi

Salma Permata Dewi
Kamis, 15 Juni 2023 - 15:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jika ada tempat paling ramai, pastinya ada tempat paling sunyi di dunia ini. Lokasi paling sunyi mungkin merupakan tempat yang diidam-idamkan oleh beberapa orang.

Tempat paling sunyi di Bumi yang tercatat dalam rekor Guinness adalah ruang uji anechoic di Orfield Laboratories, Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat. Pengujian tingkat kebisingan di sekitar ruang tersebut dilakukan pada 19 November 2021 dan menghasilkan pengukuran sebesar -24,9 desibel.

Dilansir dari Guinness World Records, pengukuran dilakukan menggunakan sepasang mikrofon Brüel & Kjær tipe 4145 dengan preamplifier-nya masing-masing. Ruangan ini dirancang untuk memungkinkan pengukuran tingkat suara yang akurat yang dihasilkan oleh berbagai benda uji. Ruangan ini terdiri dari batu besar dan ruang beton yang dilapisi dengan pelat baja setebal 10,5 cm dan di dalamnya terdapat ruang baja lain yang lebih kecil yang didukung oleh pegas penyerap getaran.

Tempat yang memiliki tingkat kesunyian tinggi tidak hanya laboratorium tersebut. Dilansir dari American Scientist, Trevor Cox membagikan tempat-tempat tersunyi yang telah dikunjunginya dan rekannya, Diane Hope. Mereka berkemah di lembah gersang, Kelso Dunes, dan mendapati tempat ini sangat sunyi. Hanya ada suara mobil atau barang yang menimbulkan kebisingan sesekali. Sebagian besar suara sumbernya dari angin dan suara angin akan mereda bahkan hilang seiring waktu.

Tempat paling sunyi mungkin didominasi oleh tempat-tempat seperti ruang kosong, hutan, gurun, atau tempat tak bermukim lainnya. Namun, tempat paling sunyi juga mungkin terdapat di pemukiman. Sebuah laporan ilmiah pernah menyarankan bahwa area dengan tingkat suara di bawah 55 desibel harus ditetapkan sebagai area yang tenang. Hal ini mungkin terdengar mustahil untuk perkotaan.

Hildegard Westerkamp, ​​seorang komposer dari Kanada, menjelaskan kepada Trevor di London bahwa ketenangan, seperti suara-suara batu di jalanan, ini hanya terdengar di kota-kota tua yang jalan-jalannya sempit dan bangunan-bangunannya berdekatan. Selain kota-kota tua, beberapa pedesaan mungkin memiliki tingkat kesunyian dan ketenangan tinggi.

Ini tempat paling sunyi selain ruang kosong:

1. Olympic National Park, Washington, AS

One Square Inch of Silence di Taman Nasional Olimpiade Washington terletak di dalam area Hutan Hujan Hoh di taman tersebut. Hutan belantara ini menawarkan pemandangan suara alami yang beragam dikombinasikan dengan ketenangan alami.

2. Kelso Dunes, Mojave Desert, AS

Tempat ini merupakan tempat yang dikunjungi oleh Trevor dan Diane. Gurun Mojave terkenal dengan pemandangan dan lingkungan hidup yang keras yang menyebabkan kurangnya satwa liar, pesawat atau mobil.

3. Kielder Mires, Inggris

Kielder Mires di Northumberland merupakan area rawa selimut terbesar di Inggris. Tempat ini ditemukan sebagai tempat paling tenang di Inggris berdasarkan faktor-faktor seperti jarak dari jalan terdekat atau jalur penerbangan.

daerah wisata tersepi Kielder Mires
daerah wisata tersepi Kielder Mires

4. Landmannalaugar, Islandia

Wisatawan mengatakan Landmannalaugar di Islandia merupakan jalan terbuka yang sepi. Anda bisa pergi bermil-mil tanpa melihat siapa pun dan ada beberapa bidang vulkanik yang sangat sunyi.

Landmannalaugar
Landmannalaugar

5. Zürich, Swiss

Perkotaan sunyi sulit ditemukan, tetapi menurut Worldwide Hearing Index 2017, Zürich merupakan kota paling sunyi di Bumi.

zurich
zurich

6. Makgadikgadi Pan, Botswana

Tempat ini merupakan salah satu dataran garam terbesar di dunia di tengah gurun kering di timur laut Botswana. Satu-satunya tumbuhan yang hidup di sana hanyalah lapisan tipis ganggang hijau. Sangat sedikit satwa liar yang ada di daerah tersebut selama musim kemarau sehingga menjadikannya tempat sunyi di Bumi.

Makgadikgadi Pan
Makgadikgadi Pan

7. Antartika

Benua penuh es ini tidak pernah ditempati secara permanen oleh manusia tanpa kota atau desa sehingga menjadi salah satu tempat paling sunyi di Bumi.

antartika
antartika

8. Tak Be Ha Cenote, Mexico

Gua bawah air di Semenanjung Yucatan adalah salah satu tempat terakhir yang masih alami di dunia. Di antara hampir 7.000 guanya, Tak Be Ha Cenote dikatakan sebagai salah satu yang paling tenang. Di sana Anda hanya sesekali mendengar suara tetesan air.

Tak Be Ha Cenote, Mexico
Tak Be Ha Cenote, Mexico

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro