Gurun Sahara
Travel

Penyebab Gurun Sahara Menghijau dari Semula Padang Tandus

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 15 September 2023 - 16:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah studi perintis mengungkap penyebab gurun Sahara perlahan menjadi menghijau dari semula padang tandus.

Menurut sebuah penelitian hal itu terjadi karena periode lembab di Afrika Utara yang telah terjadi selama 800.000 tahun terakhir.

Penelitian yang dipublikasikan di Nature Communications menunjukkan fase basah periodik di Sahara didorong oleh perubahan orbit bumi mengelilingi matahari dan tertekan selama zaman es.

Untuk pertama kalinya, para ilmuwan iklim melakukan simulasi interval historis 'penghijauan' Sahara, memberikan bukti bagaimana waktu dan intensitas peristiwa lembab ini juga dipengaruhi dari jarak jauh oleh efek lapisan es yang besar, jauh, dan berada pada garis lintang tinggi di Sahara. Belahan bumi utara.

Penulis utama Dr. Edward Armstrong, seorang ilmuwan iklim di Universitas Helsinki dan Universitas Bristol, mengatakan, transformasi siklus Gurun Sahara menjadi ekosistem sabana dan hutan adalah salah satu perubahan lingkungan yang paling luar biasa di planet ini.

“Studi kami adalah salah satu studi pemodelan iklim pertama yang mensimulasikan Periode Lembab Afrika dengan besaran yang sebanding dengan pengamatan paleoklimat, mengungkap mengapa dan kapan peristiwa ini terjadi.” ujarnya dilansir dari phys.org.

Terdapat banyak bukti bahwa Sahara pernah ditumbuhi tanaman di masa lalu, seiring dengan berkembangnya sungai, danau, dan hewan yang bergantung pada air seperti kuda nil, sebelum menjadi gurun yang sekarang.

Periode Lembab Afrika Utara ini mungkin berperan penting dalam menyediakan koridor tumbuh-tumbuhan di luar Afrika, sehingga memungkinkan penyebaran berbagai spesies, termasuk manusia purba, di seluruh dunia.

Apa yang disebut "penghijauan" diperkirakan didorong oleh perubahan kondisi orbit bumi, khususnya presesi orbit bumi. Presesi mengacu pada bagaimana bumi bergetar pada porosnya, yang mempengaruhi musiman (yaitu kontras musiman) selama siklus sekitar 21.000 tahun.

Perubahan presesi ini menentukan jumlah energi yang diterima bumi pada musim yang berbeda, yang pada gilirannya mengendalikan kekuatan Monsun Afrika dan penyebaran vegetasi di wilayah yang luas ini.

Hambatan utama dalam memahami peristiwa-peristiwa ini adalah sebagian besar model iklim tidak mampu mensimulasikan amplitudo periode-periode lembab ini, sehingga mekanisme spesifik yang mendorong terjadinya peristiwa-peristiwa tersebut masih belum pasti.

Studi ini menerapkan model iklim yang dikembangkan baru-baru ini untuk mensimulasikan periode Lembab di Afrika Utara guna meningkatkan pemahaman tentang mekanisme penggeraknya.

Hasilnya mengkonfirmasi Periode Lembab Afrika Utara terjadi setiap 21.000 tahun dan ditentukan oleh perubahan presesi orbit bumi. Hal ini menyebabkan musim panas yang lebih hangat di Belahan Bumi Utara, yang memperkuat kekuatan sistem Monsun Afrika Barat dan meningkatkan curah hujan di Sahara, sehingga mengakibatkan tersebarnya vegetasi tipe sabana di seluruh gurun.

Temuan ini juga menunjukkan periode lembab tidak terjadi selama zaman es, ketika terdapat lapisan es glasial besar yang menutupi sebagian besar wilayah lintang tinggi. Hal ini karena lapisan es yang luas ini mendinginkan atmosfer dan menekan kecenderungan meluasnya sistem monsun Afrika. Hal ini menyoroti adanya hubungan jarak jauh yang besar antara wilayah-wilayah yang berjauhan ini, yang mungkin telah membatasi penyebaran spesies, termasuk manusia, ke luar Afrika selama periode gletser 800.000 tahun terakhir.

Paul Valdes, Profesor Geografi Fisik di Universitas Bristol, mengatakan, secara tradisional, model iklim telah berjuang untuk mewakili sejauh mana 'penghijauan' Sahara. Model revisi kami berhasil mewakili perubahan masa lalu dan juga memberi kita keyakinan akan kemampuan mereka untuk memahami perubahan di masa depan.

Penelitian tersebut, yang melibatkan para ilmuwan iklim dari Universitas Birmingham, adalah bagian dari proyek di Universitas Helsinki, yang mempelajari dampak iklim terhadap distribusi manusia di masa lalu dan evolusi relung ekologi mereka.

Miikka Tallavaara, dan Asisten Profesor Lingkungan Hominin di Universitas Helsinki, mengatakan, wilayah Sahara adalah semacam gerbang yang mengendalikan penyebaran spesies antara Afrika Utara dan Sub-Sahara, serta masuk dan keluar benua. 

“Pintu terbuka saat Sahara masih hijau dan tertutup saat terjadi gurun. Pergantian fase lembab dan kering ini memiliki konsekuensi besar bagi penyebaran dan evolusi spesies di Afrika. Kemampuan kami untuk memodelkan periode lembab di Afrika Utara merupakan pencapaian besar dan berarti kami kini juga lebih mampu memodelkan distribusi manusia dan memahami evolusi genus kita di Afrika."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro