Logo TikTok ditampilkan di TikTok Creators Lab 2019 yang digelar Bytedance Ltd. di Tokyo, Jepang, Sabtu (16/2/2019)./Bloomberg-Shiho Fukada
Entertainment

Pengguna TikTok dan WhatsApp Naik, Facebook dan Instagram Turun

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 18 Juni 2023 - 08:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Reuters Institute telah merilis ulasan tahunannya tentang tren konsumsi berita, yang mencerminkan kebiasaan penggunaan online.

Laporan yang bekerja sama dengan YouGov itu, mensurvei 100.000 pengguna internet, di 52 negara, dan dilakukan analisis mendalam tentang tren keterlibatan berita, serta pandangan orang tentang gangguan algoritmik, bias sayap kiri/kanan, kritik terhadap media.

Dalam laporan tersebut menunjukkan bahwa kebiasaan penggunaan media sosial berkembang, termasuk gambaran tentang bagaimana pengguna usia muda mengalihkan perhatian media sosial mereka dari waktu ke waktu.

Dari sisi pengguna, tercatat aplikasi Facebook dan Instagram turun, sementara TikTok dan WhatsApp naik. Dan penggunaan Snapchat dan Twitter tetap relatif stabil.

Pengaruh TikTok yang berkembang telah didokumentasikan dengan baik, sementara kebangkitan WhatsApp mencerminkan tren yang lebih luas dari berbagi publik, dengan pengguna sekarang jauh lebih cenderung untuk memposting konten dalam grup pribadi yang lebih kecil, daripada tunduk pada pengawasan dan penilaian potensial dengan berbagi ke umpan sosial utama.

Orang-orang tidak ingin memposting pemikiran dan pendapat mereka sendiri, karena kecemasan reaktif, potensi perpecahan, serta memori internet yang tidak pernah berakhir, yang membuat orang cenderung tidak menggunakannya. platform sosial mereka sebagai sarana untuk menyiarkan perspektif mereka.

Itu mendorong Meta, khususnya, untuk menjadikan perpesanan sebagai fokus yang jauh lebih besar, sementara Twitter juga kini mengeksplorasi cara baru untuk melibatkan pengguna dalam DM, dengan meningkatkan pengalaman berbagi. Data internal Meta sendiri telah menunjukkan hal yang sama, bahwa lebih sedikit orang yang memposting ke Facebook dan Instagram daripada sebelumnya, dan tren itu kemungkinan mendorong lebih banyak orang untuk beralih ke aplikasi perpesanan, dengan peningkatan privasi WhatsApp juga menawarkan jaminan tambahan. .

Ini juga berarti bahwa porsi pengguna yang lebih kecil sekarang mendorong agenda berita media sosial, karena lebih sedikit orang yang secara aktif memposting, yang merupakan tren catatan lain dalam pergeseran konsumsi berita yang lebih luas.

Perlu juga dicatat bahwa Facebook dan IG tetap sangat populer secara keseluruhan, jadi sepertinya mereka tidak akan mati sebagai pendorong koneksi yang penting. Tetapi tren tersebut menyoroti pengaruh TikTok yang meningkat, yang telah menjadi sumber hiburan utama, seiring dengan menurunnya minat memposting untuk dilihat semua orang.

Khususnya dalam hal konsumsi berita, Facebook tetap menjadi pendorong utama di antara aplikasi sosial, meskipun telah menurun secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Medsos kalahkan agregator dan aplikasi penerbit

Data itu juga mengungkapkan media sosial sekarang menjadi sumber konten berita yang lebih disukai, dibandingkan dengan mengakses situs web dan aplikasi penerbit berita secara langsung.

Tren ini, terutama terjadi di kelompok pengguna medsos usia muda, dengan mereka yang berusia di bawah 24 tahun, jauh lebih cenderung mengandalkan platform media sosial untuk mendapatkan konten berita, daripada mengunjungi situs web penerbit langsung.

Data juga menunjukkan bahwa perilaku ini sangat bervariasi menurut wilayah, dengan pengguna di Asia, Amerika Latin, dan Afrika lebih cenderung mengandalkan aplikasi sosial, sementara pasar Asia-Pasifik cenderung beralih ke situs agregator berita, seperti Yahoo, untuk mengikuti perkembangan terbaru. 

Data tersebut juga memberikan beberapa wawasan menarik t

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro