Suasana sepi telihat di kawasan pusat bisnis Sydney, Australia, Selasa (27/7/2021). Setelah sebulan melakukan Lockdown, kasus harian Covid-19 di kota Sydney tidak menunjukkan tanda-tanda mereda. Bloomberg/Brendon Thorne
Travel

Daftar Kota Paling Ramah di Dunia, Ada Indonesia?

Arlina Laras
Senin, 19 Juni 2023 - 16:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Preply telah merilis sebuah laporan yang memperingkat kota-kota berdasarkan tingkat keramahan mereka terhadap orang asing. 

Melansir dari Business Insider, penilaian ini menggunakan enam variabel sebagai indikator keramahan tersebut. 

Mulai dari tingkat pengunjung yang kembali, tingkat keamanan, keramahan staf perhotelan, tingkat kesetaraan LGBTQ+, tingkat kebahagiaan secara keseluruhan di kota tersebut, hingga kecakapan berbahasa Inggris tiap penduduknya.

"Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling umum digunakan di dunia, jadi kami melihat skor kecakapan berbahasa Inggris di setiap kota untuk menentukan kemudahan komunikasi di sana,” tulis laporan tersebut.

Laporan ini juga diklaim dapat menjadi rujukan yang berguna bagi para pelancong atau pendatang baru yang ingin mengetahui sejauh mana sebuah kota menerima orang asing dan seberapa mudah berinteraksi di lingkungan tersebut.

Lantas, mana saja daftar negara paling ramah di dunia? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya

1. Sydney, Australia

Sydney terikat sebagai kota paling ramah di dunia. Dalam hal keselamatan, Sydney memiliki skor tinggi 65,87 dari 100. Selain itu, kota ini mencetak 7,13 dari 10 untuk kebahagiaan, dan memiliki tingkat pengembalian pengunjung sebesar 16 persen.

2. Toronto, Kanada

Toronto memiliki tingkat pengembalian pengunjung sebesar 15 persen dan terbukti populer di kalangan non-lokal. Skor kebahagiaan kota ini adalah 7,03 dari 10.

3. Edinburgh, Skotlandia

Edinburgh menduduki peringkat ketiga dalam daftar Preply dengan skor keramahan tinggi sebesar 7,78 dan skor indeks keamanan sebesar 68,92.

4. Manchester, Inggris

Meski, indeks keamanan di Manchester adalah 45,09, akan tetapi hampir 15 persen ulasan kota menyebutkan kata "ramah", dan tingkat pengembalian pengunjungnya adalah 12 persen.

5. Kota New York, AS

Kota New York menduduki peringkat kelima dengan 15 persen ulasan menyebutkan kata "ramah". Kota ini memiliki peringkat kebahagiaan sebesar 6,96.

6. Montreal, Kanada

Tingkat pengembalian pengunjung di Montreal adalah 15 persen. Peringkat keamanannya adalah 68,39 dari 100, menjadikannya salah satu kota paling ramah di dunia.

7. Melbourne, Australia

Berdasarkan Preply, kota ini menjadi paling ramah ke-7 di dunia dengan peringkat kebahagiaan sebesar 7,30 

8. San Francisco, AS

Kota West Coast yang dikenal ramah terhadap komunitas minoritas dan memiliki tingkat pengembalian pengunjung sebesar 15 persen

9. Dublin, Irlandia

Skor kebahagiaan Dublin adalah 7,1, dan kota ini juga dikenal relatif ramah terhadap sejumlah komunitas minoritas 

10. Kopenhagen, Denmark

Kopenhagen dianggap sebagai kota paling ramah ke-10 di dunia dengan skor keamanan 73,55 dan peringkat kebahagiaan 7,53.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro