Kacang hitam/realsimple
Health

Beragam Manfaat Kacang Hitam Bagi Kesehatan, Bisa Bantu Diet Juga Lho

Sabina Arla Yogandini
Kamis, 22 Juni 2023 - 08:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sama seperti jenis kacang lainnya, kacang hitam memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi.

Kacang hitam juga mengandung beberapa vitamin. Selain itu, kacang ini mengandung mineral seperti mangan, magnesium, zat besi, dan fosfor yang baik untuk kesehatan.

Nutrisi yang ditemukan dalam kacang hitam memberikan beberapa manfaat kesehatan yang menjadikannya salah satu jenis kacang tersehat yang dapat Anda makan.

Melansir Real Simple dan Medical News Today, berikut adalah manfaat kacang hitam bagi Anda:

1. Kacang hitam mengandung vitamin B

Kacang hitam mengandung berbagai vitamin B, terutama folat dan thiamin. Semua vitamin B penting untuk metabolisme energi yang efektif dan pertumbuhan sel.

2. Kacang hitam membantu mengelola gula darah

Nutrisi yang terkandung dalam kacang hitam dapat membantu tubuh mengatur gula darah secara alami. Serat dan protein yang terkandung dalam kacang hitam memperlambat pencernaan sehingga dapat memperlambat respons gula darah dan membantu Anda menghindari lonjakan gula setelah makan.

3. Kacang hitam adalah sumber pati resisten

Dalam kacang hitam terdapat pati resisten. Pati resisten adalah sejenis karbohidrat yang tidak akan meningkatkan gula darah sehingga meningkatkan kemampuan kacang hitam dalam mengatur gula darah. Adanya pati resisten dapat menjaga kesehatan usus, meningkatkan rasa kenyang, mengurangi kolesterol, dan mengurangi risiko kanker usus besar.

4. Kacang hitam dapat membantu mencegah penyakit jantung

Antioksidan dan serat yang terkandung dalam kacang hitam bermanfaat bagi kesehatan jantung dengan membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Serat larut yang terkandung didalamnya berkontribusi terhadap penurunan risiko aterosklerosis (penyumbatan arteri) sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Adapun kandungan Vitamin B6 dan folat dapat mencegah penumpukan senyawa atau disebut homosistein. Apabila homosistein menumpuk dalam jumlah banyak di dalam tubuh, hal ini dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan masalah jantung.

5. Penurunan berat badan

Kacang hitam merupakan jenis kacang yang berserat tinggi sehingga akan meningkatkan rasa kenyang setelah makan dan mengurangi nafsu makan. Dengan begitu, hal ini dapat menurunkan asupan kalori secara keseluruhan.

6. Mencegah kanker

Selenium adalah mineral ditemukan pada kacang hitam. Selenium berperan dalam fungsi enzim hati dan membantu membersihkan beberapa senyawa penyebab kanker dalam tubuh.

7. Pencernaan yang sehat

Dengan adanya kandungan serat, kacang hitam dapat membantu mencegah sembelit dan menjaga saluran pencernaan agar tetap sehat. Selain itu, kacang hitam juga menyediakan bahan bakar untuk bakteri sehat dalam usus besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro