7 Manfaat Kacang Merah, Kaya Nutrisi, dan Rasanya Enak - Freepik
Health

Ini 7 Manfaat Kacang Merah, Kaya Nutrisi, dan Rasanya Enak

Nuraini
Senin, 30 Januari 2023 - 20:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kacang merah merupakan jenis kacang-kacangan yang banyak diolah menjadi makanan atau campuran minuman yang lezat.

Kacang merah juga memiliki ragam nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Apa sajakah manfaat kacang merah bagi kesehatan? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Kandungan Kacang Merah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa kacang merah memiliki banyak nutrisi. Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram kacang merah terdapat kandungan nutrisi, seperti berikut:

  • Thiamin (Vit. B1): 0.10 mg
  • Riboflavin (Vit. B2): 0.08 mg
  • Niasin (Niacin): 0.7 mg
  • Kalsium: 144 mg
    Fosfor: 150 mg
  • Besi: 2.8 mg
  • Natrium: 6 mg
  • Kalium: 311.0 mg
  • Tembaga: 0.27 mg
  • Seng: 1.5 mg
  • Air: 63.1 g
  • Energi: 144 Kal
  • Protein: 10.0 g
  • Lemak: 1.0 g
  • Karbohidrat: 24.7 g
  • Serat: 3.5 g
  • Abu: 1.2 g

Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi yang lengkap membuat kacang merah mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Berdasarkan keterangan di Healthline dan Dr. Health Benefits, berikut beberapa manfaat kacang merah yang penting untuk kesehatan.

1. Mengontrol gula darah

Kacang merah ternyata bisa mengontrol kadar gula dalam darah. Kacang merah diketahui mengandung indeks glikemik yang rendah, sehingga risiko kenaikan gula darah setelah mengkonsumsi makanan ini rendah. Selain itu, kandungan protein, serat, dan karbohidrat dalam kacang merah juga efektif untuk menjaga kadar gula agar tetap sehat.

2. Mencegah kanker usus besar

Manfaat makan kacang merah lainnya yaitu bisa mencegah kanker usus besar. Sebuah studi menyatakan bahwa konsumsi kacang-kacangan bisa menurunkan risiko kanker usus.

Selain itu, kandungan nutrisi dan serat dalam kacang merah juga mempunyai efek anti kanker. Kandungan serat tersebut juga bisa difermentasi oleh bakteri baik dan menghasilkan SCFA.

Perlu diketahui bahwa SCFA adalah butiran yang bisa meningkatkan kesehatan usus besar dan menurunkan risiko penyakit kanker usus besar.

3. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat dari kacang merah berikutnya yaitu bisa memelihara kesehatan jantung. Kandungan serat dan mineral dalam kacang tanah bisa meningkatkan fungsi sistem kardiovaskular. Kacang merah juga bisa menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan aliran darah, sehingga risiko stroke dan penyakit jantung bisa dihindari.

4. Sumber zat besi

Salah satu manfaat kacang merah untuk ibu hamil yaitu bisa menjadi sumber zat besi yang membantu membangun sel darah merah bagi bayi dalam kandungan. Kacang merah juga bisa memperbaharui kadar hemoglobin dalam tubuh. Kondisi tersebut mencegah kekurangan zat besi pada wanita hamil dan meningkatkan kecerdasan pada bayi.

5. Meningkatkan energi

Manfaat kacang merah bagi ibu hamil lainnya yaitu bisa meningkatkan energi. Selama hamil, biasanya perempuan akan cepat lelah. Kacang merah bisa meningkatkan energi dan membuat tubuh lebih bugar.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Selain bermanfaat untuk ibu hamil, kacang merah juga bermanfaat untuk bayi. Salah satu manfaat kacang merah untuk bayi yaitu meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat ini ditunjang oleh kandungan asam amino esensial yang bisa membangun kekebalan tubuh. Selain itu, protein dari asam amino bisa membangun pembentukan sel tubuh bagi yang belum lahir.

7. Memelihara kesehatan saluran pencernaan

Kacang merah mengandung serat yang bisa meningkatkan kesehatan saluran pencernaan. Dengan demikian, risiko sembelit dan diare bisa dicegah dengan mengkonsumsi makanan ini.

Itulah penjelasan seputar kandungan dan manfaat kacang merah yang penting untuk diketahui. Meskipun memiliki banyak manfaat, konsumsi kacang merah tidak boleh berlebihan. Sebaiknya, konsumsi kacang merah diimbangi dengan makanan sehat lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro