Tertawa/boldsky.com
Health

4 Manfaat Tertawa untuk Kesehatan

Mia Chitra Dinisari
Senin, 26 Juni 2023 - 15:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Stres adalah bagian tak terhindarkan dari kehidupan modern yang sibuk. Namun, penting untuk menguranginya di mana kita bisa agar pola pikir kita tetap sehat.

Beberapa penelitian telah menunjukkan tertawa dapat menurunkan hormon stres dalam darah, meningkatkan zat kimia "perasaan-enak" (endorfin) kita, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Penelitian juga mengatakan bahwa memperkenalkan tawa ke dalam kehidupan kerja dapat berkontribusi pada produktivitas, dan semakin memperkuat ikatan di tempat kerja.

Sanjeev Jain, Jt. Managing Director, Akums & Drugs Pharmaceuticals mengatakan, tawa dan humor telah digunakan sebagai teknik dalam terapi perilaku-kognitif untuk membuat hubungan fisik, psikologis, dan sosial menjadi sehat, sehingga pada akhirnya meningkatkan kualitas hidup.

Ada juga latihan pikiran/tubuh alternatif berdasarkan konsep ini, yang disebut "yoga tawa", yang semakin populer di seluruh negeri dan dunia.

Latihan ini merupakan kombinasi dari latihan tertawa dan pernapasan yoga, yang sering diadakan dalam kelompok.

Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam emosi positif dan pengurangan gejala stres dan kecemasan serta peningkatan kualitas tidur.”

Berikut adalah 4 alasan yang didukung sains mengapa tawa itu bermanfaat:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Menurut Jain, “Tertawa menurunkan hormon stres, meningkatkan sel kekebalan dan antibodi penangkal infeksi, serta merangsang sistem limfatik untuk membuang limbah dan racun.”

2. Menurunkan stres

Tertawa melepaskan hormon penghilang stres, memberikan pelepasan fisik dan emosional, dan membuat otot rileks.

3. Mendorong kesehatan jantung

“Tertawa meningkatkan detak jantung, kadar oksigen, dan meningkatkan fungsi pembuluh darah, mengurangi risiko serangan jantung,” kata Dr. Jain.

4. Membakar kalori

Tertawa selama 10 hingga 15 menit sehari membakar kalori dan mengurangi hormon stres yang terkait dengan penambahan berat badan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro