Pasangan perempuan dan pria sedang berkencan/freepik
Relationship

Simak 8 Kebiasaan Kencan ala Korea Selatan yang Menarik Untuk Diketahui

Sabina Arla Yogandini
Selasa, 27 Juni 2023 - 19:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Korea Selatan memiliki standar kecantikan, makanan, musik, dan K-drama yang berbeda dengan negara lain. Namun, tahukah Anda bahwa Korea memiliki kebiasaan dan etika kencan dalam sebuah hubungan asmara?

Dalam berhubungan, mereka mengaplikasikan nilai-nilai tradisional dan praktik budaya. Dengan memahami dan menghormati adat istiadat tersebut dapat membantu Anda menjelajahi dunia kencan di Korea. 

Dilansir dari Times of India, ada beberapa aturan dan kebiasaan kencan yang perlu Anda ketahui: 

1. Pertemuan dan perkenalan

Di Korea Selatan, kencan buta atau yang dikenal sebagai "sogeting" menjadi hal yang umum untuk dilakukan. Dalam pertemuan pertamanya, saling bertukar kartu nama atau informasi kontak merupakan hal biasa. 

2. Peran gender

Di Korea, peran gender tradisional masih mempengaruhi kencan. Pria umumnya diharapkan untuk memimpin dan memulai kencan, sementara wanita didorong untuk lebih pasif. Namun, secara bertahap peran ini berubah, dimana wanita kini mengambil peran aktif dalam berkencan.

3. Hierarki usia

Salah satu hal yang dijunjung tinggi dalam budaya Korea adalah usia. Adapun hierarki yang ketat berdasarkan usia. Disana, orang yang lebih tua sering dianggap memiliki otoritas dan rasa hormat yang lebih besar. Hal itu seperti yang Anda temui dalam K-drama, acara TV, atau lainnya yang dimana seorang menggunakan panggilan kehormatan ketika berbicara dengan orang yang lebih tua atau dalam posisi yang lebih tinggi.

4. PDA

Orang Korea Selatan cenderung lebih konservatif dalam hal menunjukkan kemesraan di depan umum. Mungkin Anda biasa melihat tayangan K-drama yang memperlihatkan kemesraan di depan umum.

Nyatanya, untuk hal yang lebih intim seperti berciuman atau gerakan intim lainnya tidak dilakukan di tempat umum. Jadi, jangan selalu berpatokan pada apa yang Anda lihat di tayangan.

5. Pemberian hadiah

Pemberian hadiah adalah aspek penting dalam budaya kencan Korea. Dengan memberikan hadiah berarti menunjukkan menunjukkan ketertarikan dan rasa hormat Anda sehingga hal itu akan sangat dihargai. Hadiah yang umum diberikan adalah bunga, cokelat, atau bahkan sesuatu yang mencerminkan ketertarikan orang tersebut.

6. Pakaian pasangan

Pakaian pasangan atau couple outfits sudah menjadi tren di Korea. Dengan mengenakan pakaian atau aksesoris yang serasi dapat menunjukkan kesatuan dan komitmen mereka.

7. Bertemu keluarga

Sama seperti halnya di Indonesia, bertemu dengan keluarga adalah langkah penting dalam hubungan Korea. Hal ini menandakan bahwa hubungan tersebut mengarah ke jenjang yang lebih serius. Penting untuk menunjukkan rasa hormat dan sopan santun kepada anggota keluarga serta mengikuti adat istiadat tradisional selama berlangsungnya pertemuan tersebut.

8. Merayakan hari jadi

Dalam menjalin sebuah hubungan merayakan hari jadi sudah menjadi hal yang tak asing lagi untuk dilakukan. Sama halnya dengan orang Korea yang merayakan  berbagai hari penting dalam hubungan mereka, seperti 100 hari, 200 hari, dan ulang tahun. Acara-acara ini seringkali ditandai dengan bertukar hadiah atau merencanakan tanggal khusus untuk memperingati waktu yang dihabiskan bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro