Jeruk/boldsky.com
Health

Manfaat dan Efek Samping Makan Kulit Jeruk

Sabina Arla Yogandini
Jumat, 30 Juni 2023 - 17:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jeruk merupakan salah satu buah yang dikenal dengan kandungan vitamin C di dalamnya. Namun, ternyata kulit jeruk yang kerap kali dibuang mengandung nutrisi penting bagi tubuh.

Melansir Healthline, kulit jeruk mengandung provitamin A, folat, riboflavin, tiamin, vitamin B6, dan kalsium dalam jumlah yang cukup.

Adapun kulitnya kaya akan polifenol yang dapat membantu mencegah dan mengelola banyak kondisi kronis, seperti diabetes tipe 2, obesitas, dan penyakit Alzheimer.

Satu studi tabung reaksi menemukan bahwa kandungan polifenol total dan kulit jeruk secara signifikan lebih tinggi daripada daging buahnya.

Selain itu, hampir 90% minyak esensial dalam kulit jeruk terdiri dari limonene, bahan kimia alami yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antikanker, termasuk melawan kanker kulit.

Terlepas dari manfaatnya, kulit jeruk juga memiliki beberapa efek samping, antara lain:

1. Residu pestisida

Pestisida sering digunakan pada buah jeruk seperti jeruk untuk melindungi dari jamur dan serangga. Meskipun terdapat penelitian yang menemukan bahwa bagian dalam buah jeruk memiliki kadar pestisida yang sangat rendah, kulitnya justru mengandung pestisida dalam jumlah yang jauh lebih tinggi.

Efek samping terkait asupan pestisida kronis pada kulit buah memang relatif kecil. Namun, ada baiknya untuk tetap mencuci jeruk dengan air panas untuk mengurangi jumlah pestisida yang masuk ke dalam tubuh.

2. Sulit dicerna

Teksturnya yang keras dan memiliki kandungan serat yang tinggi membuat kulit jeruk sulit untuk dicerna. Untuk itu, jangan konsumsi kulit jeruk dalam jumlah yang banyak karena akan berdampak pada masalah perut seperti kram atau kembung.

3. Rasa dan tekstur yang tidak enak

Berbeda dengan bagian dalam jeruk, kulit jeruk memiliki tekstur yang keras dan kering sehingga sulit untuk dikunyah. Adapun rasanya yang cenderung pahit sehingga membuat kulit jeruk tidak disukai oleh sebagian orang.

Anda dapat memakan kulit jeruk. Namun, ada baiknya untuk memakannya dalam jumlah yang lebih sedikit untuk mencegah sakit perut.

Adapun Anda dapat mengonsumsi kulit jeruk sebagai kondimen atau pelengkap makanan ke dalam salad atau smoothie. yogurt, oatmeal, muffin, atau saus salad. Sebelum makan atau menambahkan kulit jeruk dalam makanan, pastikan untuk mencuci buahnya terlebih dahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro