Darvaza Gas Crater/geology
Travel

8 Tempat di Asia Tengah yang Terkenal untuk Dikunjungi

Salma Permata Dewi
Jumat, 30 Juni 2023 - 19:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Negara-negara di Asia yang paling terkenal di kunjungi oleh turis kebanyakan dari Asia Selatan atau Asia Timur. Padahal, banyak negara indah yang bisa dikunjungi di Asia Tengah.

Dilansir dari Times of India, negara-negara Asia Tengah, seperti Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan, jarang dilirik oleh turis karena pergolakan politik.

Negara-negara di sana memiliki budaya yang unik dan pemandangan yang indah. Walaupun ada kemiripan pada negara-negara tersebut, banyak budaya dan tradisi yang sangat berbeda.

Dilansir dari Horizon Guides, sejarah negara di Asia Tengah kebanyakan tentang kekerasan dan penaklukan. Namun, sejarah tersebut sangat mempesona karena bercampur dengan terobosan ilmiah dan buaya lainnya yang masih ada hingga saat ini. Tidak hanya sejarah dan budaya, arsitektur yang ada juga mengagumkan.

Peradaban yang ada di Asia Tengah menciptakan bangunan yang termasuk paling menakjubkan untuk dilihat di mana pun di dunia. Ulugh Beg, ahli astronomi di Uzbekistan, membangun sebuah observatorium tempat dia memetakan bintang-bintang dan menghitung panjang tahun. Banyak juga kota yang dipulihkan kembali menjadi tempat pariwisata.

Jika ingin menyusuri benua Asia bahkan seluruh dunia, Anda perlu mengetahui tempat-tempat di Asia Tengah yang terkemuka sebagai berikut.

1. Darvaza Gas Crater (Door to Hell), Turkmenistan

Tempat ini merupakan salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi di Turkmenistan, Asia Tengah. Tempat ini juga dikenal sebagai kawah gas Darvaza karena reservoir gas alam yang runtuh di sini telah terbakar selama beberapa dekade hingga sekarang.

2. Registan Square, Uzbekistan

Registan memiliki arti dalam bahasa Persia sebagai tempat berpasir. Dulunya, tempat ini merupakan kota Samarkand. Tempat berupa istana ini merupakan sisa-sisa Kekaisaran Timurid. Anda bisa mencari tahu sejarah sambil menikmati peninggalannya.

3. Song Kul, Kirgizstan

Song Kul adalah danau alpine yang memiliki ketinggian 9.895 kaki di dataran pegunungan Provinsi Naryn, Kyrgyzstan. Song Kul juga merupakan danau air tawar terbesar di negara yang dikelilingi oleh ladang berumput. Pengunjung dapat menikmati berenang, hiking, dan menunggang kuda di sini.

4. Makam Ahmad Sanjar, Turkmenistan

Terletak di Merv, Turkmenistan, Makam Ahmad Sanjar adalah Situs Warisan Dunia UNESCO. Makan ini adalah contoh indah arsitektur abad ke-12 yang terbuat dari terra cotta, bata, dan pelster.

5. Danau Iskanderkul, Tajikistan

Danau Iskanderkul merupakan salah satu di antara danau glasial yang menakjubkan di Asia Tengah. Danau ini terletak di sekitar 7000 kaki di Pegunungan Fann, Provinsi Sughd, Tajikistan. Air. Danau Iskanderkul memiliki air yang berwarna biru kehijauan sehingga menjadi daya tarik turis karena pemandangan alam yang indah.

6. Ngarai Charyn, Kazakstan

Charyn Canyon adalah wisata alam yang indah di Kazakhstan yang terletak di sepanjang Sungai Charyn. Beberapa pahatan batu yang luar biasa ada di sini. Pahatan tersebut terbentuk dari erosi angin dan air.

7. Menara Burana, Kyrgyzstan

Terletak di Lembah Chuy Kyrgyzstan, Burana adalah menara setinggi 82 kaki. Menara abad ke-11 ini dibangun oleh Karakhanids. Menara Burana dibangun di dekat masjid untuk tempat azan yang merupakan salah satu struktur tertua yang masih ada di Asia Tengah.

8. Jalan Raya Pamir

Jalan Raya Pamir adalah bagian dari Jalur Sutra kuno. Jalan ini merupakan jalur perdagangan terkenal di masa lampau. Jalan raya Pamir melewati Dushanbe, ibu kota Tajikistan, yang menawarkan pemandangan gunung dan sungai indah. Jalan raya tersebut juga mencakup sebagian Uzbekistan dan Kyrgyzstan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro