Ilustrasi seseorang yang tidak bahagia/Freepik.com
Health

10 Tanda Anda Menjalani Kehidupan yang Baik

Salma Permata Dewi
Rabu, 5 Juli 2023 - 23:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kehidupan yang dijalani oleh tiap orang berbeda-beda. Terkadang, Anda tidak mengetahui kehidupan yang dijalani itu baik atau tidak.

Baik tidaknya kehidupan sangat abu-abu. Mungkin Anda berpikir kehidupan yang Anda jalani tidak baik, tetapi tidak dengan pikiran orang lain tentang kehidupan Anda. Mereka seseorang berpikir bahwa kehidupan yang Anda jalani adalah yang terbaik.

Hidup memiliki cara untuk membuat kita lupa betapa baiknya kita mendapatkan kehidupan saat ini. Seseorang mungkin mudah terjebak pada apa yang bisa dimiliki daripada apa yang sudah dimiliki.

Beberapa orang mungkin sulit menyadari kehidupan yang dijalani karena berbagai tuntutan, seperti stres karena tugas kuliah atau memaksakan diri untuk sempurna di media sosial.

Oleh karena itu, dilansir dari Hack Spirit, Anda perlu mengetahui tanda-tanda mengenai kehidupan baik yang telah dijalani berikut ini.

1. Memiliki keluarga yang penuh kasih sayang

Banyak orang di dunia ini yang kehilangan keluarganya karena banyak hal. Ada pula beberapa orang yang memiliki hubungan yang kurang baik dengan keluarganya. Jika Anda dan keluarga berhubungan baik, anggaplah diri Anda sangat beruntung.

Tidak melulu mengenai keluarga bahagia sepanjang waktu, tetapi secara umum, jika tahu bahwa dapat mengandalkan, memercayai, dan merasa dicintai oleh mereka, Anda memiliki kehidupan yang cukup menyenangkan. Jagalah agar orang yang Anda cintai tetap dekat dan hargai mereka.

2. Terpenuhi kebutuhan primer

Jika memiliki tempat tidur yang nyaman untuk tidur, makanan di lemari es, tidak pernah khawatir kehabisan makanan, dan tidak khawatir kedinginan karena memiliki pakaian tebal, Anda perlu berbahagia. Banyak orang yang tidak bisa terpenuhi kebutuhan primernya. 

3. Merasa aman

Merasa aman di rumah adalah perasaan yang diremehkan. Jika perasaan aman saat di rumah itu bisa dirasakan, Anda perlu bersyukur. Beberapa orang, terutama yang tinggal sendirian, merasa selalu waspada karena takut terjadi sesuatu di rumahnya sendiri. Bahkan ada juga yang merasa tidak aman karena orang rumah itu sendiri.

4. Memiliki akses ke pengetahuan dan pendidikan

Tanda lainnya adalah jika Anda memiliki akses ke pendidikan. Anda bisa bersekolah, mengakses buku, internet, pergi ke museum, atau lainnya. Anda mungkin memiliki kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru setiap saat. Ini adalah sesuatu kondisi yang menguntungkan.

5. Tidak mengkhawatirkan keuangan

Keamanan keuangan bukanlah sesuatu yang diberkati oleh semua orang. Mampu membeli makanan, membayar tagihan, menjalankan mobil, atau bahkan memiliki rumah sendiri dapat memberikan ketenangan pikiran.

6. Dapat menemukan kebahagiaan dalam hal-hal kecil

Ketika bisa menemukan kebahagiaan dalam hal-hal kecil, seperti membaca buku, jalan-jalan, atau makan makanan enak, itu pertanda bahwa hidup berjalan dengan baik. Anda tidak dibanjiri banyak stres atau tidak kehilangan nafsu makan karena kecemasan sehingga bisa fokus dan puas menjalani hidup.

7. Merasa nyaman dengan diri sendiri

Nyaman dengan diri sendiri artinya tidak terus-menerus khawatir tentang apa yang orang lain pikirkan tentang diri sendiri dan dapat menemukan kedamaian dan kepuasan di dalam diri Anda sendiri. Mampu menerima kekurangan dan mengasah kelebihan diri adalah kehidupan yang baik untuk semua orang.

8. Bisa bepergian

Tidak semua orang bisa berlibur di hari libur yang menyenangkan, mengisi media sosial mereka dengan foto-foto matahari terbenam yang indah, dan selfie di taman bermain. Jika bisa melakukan hal-hal tersebut, Anda adalah salah satu yang beruntung. Itu menandakan Anda menjalani kehidupan yang baik.

9. Memiliki kesehatan yang baik

Kesehatan adalah kekayaan. Anda bisa melakukan hal yang diinginkan tanpa memikirkan rasa sakit. Beberapa orang tidak bisa pergi ke sana ke mari karena memiliki tubuh yang lemah. Beberapa lagi tidak bisa melakukan apa-apa sendirian karena hanya terbaring di kasur rumah sakit. Anda yang memiliki kesehatan perlu menikmatinya dan menghargainya selagi bisa.

10. Memiliki kebebasan berekspresi

Jika dapat mengekspresikan diri dengan bebas tanpa takut akan hukuman dari siapa saja, Anda pasti menjalani kehidupan yang hebat. Banyak orang yang berjuang agar suaranya didengar atau hak mereka diakui. Jadi, jika dapat mengekspresikan diri tanpa rasa takut, anggap diri Anda istimewa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro