Buah rambutan
Health

8 Manfaat Buah Rambutan, dari Booster Stamina hingga Bikin Kulit Glowing

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 9 Juli 2023 - 11:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Buah rambutan jarang disebut sebagai buah-buahan yang mengandung banyak khasiat kesehatan.

Padahal, ternyata buah berambut ini memiliki banyak manfaat kesehatan lho.

Berikut manfaat kesehatan dari buah rambutan seperti dilansir dari Pinkvilla

1. Meningkatkan Kekebalan

Kekebalan dibangun oleh sejumlah sel dan jaringan khusus yang berbeda yang melawan patogen seperti bakteri, virus, jamur, dan parasit. Vitamin C telah terbukti memiliki efek yang besar dalam meningkatkan fungsi sel kekebalan tubuh.

Rambutan juga memiliki sejumlah peran berbeda yang dapat mendukung efek sistem kekebalan seperti meningkatkan sintesis kolagen yang mengarah pada penyembuhan luka yang cepat, meningkatkan tingkat antibodi untuk pembunuhan mikroba secara cepat, dan bertindak sebagai antioksidan yang menurunkan kematian sel inang. Rambutan memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

2. Membantu Pencernaan yang Sehat

Rambutan dikenal dengan kandungan serat makanannya yang tinggi baik larut maupun tidak larut. Serat tidak larut tetap tidak tercerna dan menambah berat tinja. Ini juga membantu dalam melunakkan tinja yang mengarah ke bagian yang mudah.

Ada penelitian yang membuktikan bahwa serat makanan sangat membantu penderita sembelit karena memiliki efek pencahar pada saluran pencernaan.

Selain itu, serat larut bertindak sebagai prebiotik yang memberikan nutrisi bagi bakteri usus yang menguntungkan.

Bakteri usus ini bertanggung jawab untuk pencernaan yang sehat, memerangi patogenesis dan peradangan di dalam usus Anda.

Mereka telah terbukti membantu meringankan gejala gangguan usus, seperti sindrom iritasi usus besar (IBS), penyakit Crohn, dan kolitis ulserativa.

3. Bantu Menurunkan berat badan

Kandungan serat makanan yang kaya hadir dalam rambutan dicerna dengan sangat lambat, sehingga menawarkan rasa kenyang untuk waktu yang lama. Ini pada gilirannya akan mengurangi frekuensi konsumsi makanan yang membawa perubahan efektif dalam diet Anda.

Rambutan juga mengandung banyak kandungan air dan kandungan rendah kalori yang membuat Anda kenyang tanpa menambahkan terlalu banyak kalori ke dalam makanan Anda.

4. Mengandung Antioksidan

Kehadiran vitamin dan mineral tertentu seperti vitamin C, vitamin A, folat, dan magnesium memberikan sifat antioksidan pada sel. Ini melawan kerusakan radikal bebas yang disebabkan sel, mencegah nekrosis sel. (6) Oleh karena itu, ini menunda penuaan, menurunkan risiko kanker, dan penyakit yang berkaitan dengan usia seperti penyakit Alzheimer dan kardiovaskular, dan meningkatkan umur panjang sel. 

5. Membantu Melawan Infeksi

Beberapa studi literatur menyatakan bahwa rambutan, juga dikenal sebagai Nephelium lappaceum menunjukkan sifat antimikroba.

Selain itu, mengandung cukup banyak seng, yang merupakan agen antibakteri umum yang menghambat pertumbuhan mikroorganisme, terutama bakteri (8). Oleh karena itu, unsur-unsur ini bersama dengan vitamin C memberikan sifat anti-mikroba yang efektif pada rambutan yang dapat membantu tubuh melawan infeksi.

6. Mendukung Kesehatan Jantung

Serat makanan kaya rambutan menyebabkan kadar kolesterol lebih rendah dengan menjebak molekul lemak dan membuatnya tidak tersedia untuk penyerapan.

Ini juga mengandung tembaga yang membantu memperkuat arteri dan meningkatkan sirkulasi darah yang lebih baik.

Selain itu, kandungan potasium yang ada di dalamnya dapat mencegah penebalan arteri, sehingga mencegah masalah serius terkait jantung.

7. Meningkatkan Penyerapan Zat Besi

Zat besi adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk fungsi tiroid yang sehat dan untuk mencegah anemia. Namun, zat besi yang ditemukan pada tumbuhan tidak tersedia secara hayati untuk tubuh kita dan tidak dapat diserap dengan mudah.

Di sinilah peran vitamin C beraksi. Vitamin C membantu membuat zat besi tersedia untuk penyerapan dengan mengatasi efek dari semua penghambat makanan. Dengan demikian, rambutan dapat membantu penyerapan zat besi yang lebih baik dalam tubuh kita.

8. Kulit Lebih Sehat

Antioksidan seperti vitamin C, dan riboflavin dalam rambutan berperan melawan kerusakan lingkungan dan patogen yang disebabkan oleh kulit.

Selain itu, mengandung tembaga dan seng yang memiliki sifat anti-inflamasi dan penyembuhan luka yang penting untuk menghilangkan bekas luka, jerawat, lesi.

Dengan demikian, mengonsumsi rambutan dapat memberi Anda kulit yang sehat dan bercahaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro