Ilustrasi mengecek kadar kolesterol tinggi dalam darah/Freepik.com
Health

Apakah Orang Kurus Bebas dari Kolesterol Tinggi?

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 11 Juli 2023 - 20:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -Kadar kolesterol tinggi dalam darah dapat terjadi pada siapa saja, baik pada orang gemuk maupun kurus.

Adalah mitos jika Anda berpikir bahwa orang kurus tidak menghadapi masalah terkait kolesterol, karena hal ini dapat menyerang siapa saja. Kolesterol tidak berhubungan dengan usia, jenis kelamin, atau berat badan seseorang.

Kolesterol biasanya meningkat seiring bertambahnya usia, meskipun masalah terkait kolesterol dapat terjadi pada usia berapa pun.

Farah Ingale, Director-Internal Medicine, Fortis Hiranandani Hospital Vashi mengatakan, ada berbagai jenis lemak di dalam tubuh.

Kolesterol adalah lemak yang ada di dalam darah. Ini adalah zat lilin, ditemukan dalam darah dan sel-sel tubuh.

Demikian pula, trigliserida adalah lemak (lipid) yang ditemukan dalam darah. Saat Anda makan makanan apa pun, tubuh mengubah kalori yang tidak digunakan menjadi trigliserida, yang kemudian disimpan dalam sel lemak.

Risiko kolesterol tinggi

Berbagai komponen seperti LDL (Low-Density Lipoproteins), lemak jahat, juga disebut kolesterol jahat karena meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung.

Di sisi lain, High-Density Lipoprotein (HDL) adalah kolesterol baik yang menyerap kolesterol dalam darah dan membawanya kembali ke hati. Idealnya, kolesterol tidak boleh lebih dari 150.

Idealnya pada orang tua dengan penyakit penyerta, kadar LDL harus kurang dari 70, baik pada pria maupun wanita.

HDL pada wanita harus lebih dari 50, dan pada pria lebih dari 40. Sebagai alternatif, lebih baik memiliki kadar kolesterol baik yang tinggi dan kadar kolesterol jahat yang rendah.

Untuk memastikan kadar kolesterol berada dalam kisaran yang sehat, gaya hidup yang baik dengan olahraga yang tepat, diet, dan berat badan yang sehat adalah yang terbaik.

Simak fakta-fakta kolesterol tinggi yang selama ini dipercaya orang

1. Apakah orang langsing aman dari kolesterol tinggi?

Jika orang gemuk memiliki kolesterol, mereka dapat dengan mudah mengontrolnya dengan menurunkan berat badan, yang mungkin tidak mungkin dilakukan oleh orang kurus.

Setiap orang harus memiliki kebiasaan gaya hidup yang baik seperti olahraga harian yang benar, diet rendah lemak yang berfokus pada salad, buah & sayuran, mengurangi gorengan, mentega, dan makanan berlemak.

Selain itu, jika Anda seorang non-vegetarian, menghindari daging merah dan makanan olahan dari luar adalah yang terbaik.

2. Semua kolesterol buruk bagi kesehatan Anda

Kolesterol merupakan bagian penting dari membran sel. Selain memainkan peran struktural dalam membran, ia memainkan peran penting dalam sintesis vitamin D, hormon steroid, dan asam empedu.

Oleh karena itu, meskipun kadar kolesterol tinggi merupakan faktor risiko penyakit, tanpa kolesterol, kita akan binasa.

3. Anda akan memiliki gejala kolesterol tinggi yang nyata

Ini juga mitos. Memiliki kolesterol tinggi biasanya tidak memiliki gejala. Untuk memeriksa kolesterol tinggi, disarankan untuk melakukan tes darah secara teratur.

Satu-satunya 'gejala' yang dapat dikaitkan dengan kolesterol adalah yang muncul kemudian, setelah penumpukan kolesterol yang berlebihan telah menyebabkan penyumbatan dan kerusakan pada jantung dan pembuluh darah.

Angina, serangan jantung, dan bahkan kematian mendadak bisa terjadi akibat hal ini. Akibatnya, akan terlambat untuk menunjukkan tanda-tanda kolesterol berlebihan.

Terakhir, kolesterol memiliki komponen genetik, terutama jika kadar LDL melebihi 160. Jadi, orang kurus yang berolahraga setiap hari dan tidak mengonsumsi gorengan berlemak mungkin masih memiliki kolesterol tinggi.

Kesimpulannya, jika Anda memiliki kolesterol tinggi, Anda harus tetap aktif dan berolahraga setiap hari karena gaya hidup ini dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Terlepas dari langkah-langkah ini, jika Anda tidak dapat mengontrol kadar kolesterol Anda, Anda perlu minum obat sesuai saran dokter Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro