Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB). ANTARA/HO-PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).
Travel

Wisata ke Bandung, Ini Syarat Tiket Gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Novita Sari Simamora
Selasa, 11 Juli 2023 - 09:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan diresmikan pada 10 Agustus 2023 mendatang. Pemerintah memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin mencoba kereta cepat secara gratis.

Pemerintah akan menggratiskan tarif tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) selama 3 bulan atau 90 hari terhitung sejak tanggal diresmikan. Hal ini disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui unggahan di media sosial Instagram.

Ridwan Kamil memberikan bocoran syarat untuk mendapatkan tiket KCJB gratis, yaitu akan didahulukan untuk warga yang bertempat tinggal di daerah sekitar jalur rel KCJB. 

"Dari 18 Agustus hingga Oktober gratis, didahulukan untuk warga yang ada di jalur kereta cepat ini. Nanti akan diatur keadilan mendapatkan tiketnya seperti apa," kata Ridwan Kamil, beberapa waktu lalu. 

Sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, apabila ingin mendapatkan tiket tersebut, masyarakat harus mendaftarkan diri secara online terlebih dahulu. Pendaftaran online ini akan dibuka pada awal Agustus 2023. Kemudian akan dilakukan ‘war’ untuk pembelian tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung.  

Selain itu, adapun masyarakat yang bisa membantu mensosialisasikan kereta cepat ini antara lain, media, influencer, pengamat, dan komunitas. 

Penumpang kemudian akan diklasifikasikan menjadi 3 kelas, yaitu First Class di kereta 1&2, Business Class di kereta 7, dan sisanya adalah Premium Economy. 

First Class memiliki 18 tempat duduk berwarna abu-abu dengan susunan 2-1. Business Class memiliki 28 tempat duduk berwarna merah dengan susunan 2-2. Premium Economy memiliki 555 tempat duduk berwarna abu-abu dan biru dengan susunan 3-2. 

Fasilitas penunjang lainnya yang tersedia dalam kereta penumpang pada KA Cepat diantaranya stop kontak, televisi, meja lipat, dan toilet yang ramah untuk pengguna berkebutuhan khusus. Terdapat juga mini bar di tengah-tengah rangkaian untuk penumpang yang ingin membeli makanan ringan serta minuman dingin dan panas.

Syarat dan Ketentuan Tiket Gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung:

1. Diutamakan untuk Warga yang tinggal di sekitar proyek KCJB

2. Harus melakukan pendaftaran online yang dibuka pada awal Agustus 2023

3. Terbatas hanya untuk 600 orang selama 3 bulan, dari Agustus-Oktober

4. Masyarakat yang dapat mensosialisasikan kereta cepat seperti, media, influencer, pengamat, dan komunitas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro