Ilustrasi seledri/istimewa
Health

Manfaat Seledri, si Sayuran Serba Bisa

Widya Islamiati
Jumat, 5 Agustus 2022 - 23:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Dikenal rendah kalori, tak heran jika seledri banyak dijadikan camilan oleh para pejuang diet.

Selain itu, berbagai sumber menyebutkan, seledri juga kaya akan antioksidan yang dapat mencegah berbagai penyakit.

Berikut berbagai manfaat yang dapat diperoleh Ketika mengonsumsi seledri ala healthline dan medicinenet!

1. Kaya Akan Antioksidan yang Ajaib untuk Tubuh

Tugas antioksidan yang ada dalam seledri ketika dikonsumsi dan diserap oleh tubuh cukup banyak. Kandungan ini bisa disebut kandungan multifungsi karena dapat melindungi sel, pembuluh darah dan juga melindungi berbagai organ tubuh dari kerusakan yang bersifat oksidatif. Serba bisa sekali bukan?

2. Vitamin A dalam Seledri Penting untuk Imun Serta Kesehatan Kulit dan Mata

Selain wortel, seledri juga alternatif yang baik untuk merawat kesehatan mata. Vitamin A yang terkandung dalam sayuran hijau ini berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh, mata dan juga kulit. Menarik ya!

3. Mencegah Dehidrasi dan Membantu Kenyang Lebih Lama

Salah satu hal yang membuat seledri terkenal diantara pejuang diet adalah seledri yang rendah kalori dan tinggi serat. Tapi, sebelum itu, seledri juga punyai sifat menghidrasi yang dapat mencegah dehidrasi yang menguras banyak energi ketika bergerak aktif. Jadi bisa olahraga tenang tanpa khawatir dehirasi.

Satu lagi yang membuat pejuang diet merasa terbantu, karena dengan mengonsumsi seledri yang tinggi serat, seratnya akan membantu pejuang diet merasa kenyang lebih lama. Sehingga bisa membantu proses penurunan berat badan.

4. Bagus untuk Detoksifikasi Usus

Kandungan serat dalam seledri berperan untuk detoksifikasi usus. Serat itu menjadi agen yang dapat mengeluarkan racun dari usus secara teratur. Dan Semua bagian seledri dapat melakukan tugas ini.

5. Bermanfaat untuk Pencernaan dan Perut

Seledri yang memiliki kandungan air hampir 95% dipasangkan dengan serat larut dan tidak larut yang berjumlah banyak akan menjaga saluran pencernaan agar tetap sehat. Lalu, seledri yang terdiri dari akar, batang, daun dan tangkai daun ini memiliki polisakarida pektin. Saat dilakukan penelitian pada hewan, kandungan ini dapat mengurangi rasa sakit saat terjadi maag, memodulasi sekresi lambung, hingga memperbaiki lapisan lambung.

6. Mengandung senyawa BuPh yang Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur

Penelitian menunjukan, seledri memiliki kandungan senyawa unik 3-n- butylphthalide (BuPh) yang memiliki efek dapat menenangkan sistem saraf pusat manusia. Hal ini berkaitan erat dengan peningkatan kualitas tidur.

7. Zat Phthlides dalam Seledri Membantu Mengatur Tekanan Darah

Tidak hanya senyawa unik, seledri juga punyai zat yang bernama phthalides yang dapat mengendurkan dinding pembuluh nadi atau arteri serta memperlancar aliran darah. Serat, potassium, dan magnesium dalam seledri juga bermanfaat untuk mengatur tekanan darah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro