Treadmill
Health

Manfaat Olahraga Treadmill, Cocok bagi Si Anti Panas Matahari

Mia Chitra Dinisari
Senin, 31 Juli 2023 - 16:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Treadmill menjadi salah satu alat olahraga populer yang digunakan mereka yang ingin berolahraga indoor.

Biasanya, para pengguna treadmill adalah mereka yang ingin tetap berolahraga tanpa harus berpanas-panasan di bawah sinar matahari, atau tidak punya waktu cukup untuk berolahraga di luar rumah.

Treadmill juga sering dimanfaatkan sebagai alat olahraga yang bisa dilakukan sambil melakukan aktivitas lainnya, seperti menonton tv.

Selain karena kemudahannya, ada juga beberapa manfaat dari olahraga treadmill berikut ini dilansir dari sportskeeda

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Latihan treadmill dianggap sebagai latihan kardiovaskular yang luar biasa yang secara signifikan meningkatkan kesehatan jantung.

Berlari di atas treadmill membantu Anda mempertahankan detak jantung yang konstan selama latihan. Jadi jika Anda memiliki masalah kardiovaskular atau kolesterol tinggi, ini bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Ini bahkan dapat membantu menentukan masalah jantung seperti penyumbatan arteri dan penyakit jantung. Dalam situasi normal, tubuh Anda mungkin tidak menunjukkan gejala penyakit jantung. Namun, saat berada di bawah tekanan selama latihan treadmill, segala kemungkinan gejala masalah kardiovaskular akan muncul.

2. Membantu menurunkan berat badan

Berlari atau bahkan joging di atas treadmill dapat membantu membakar kalori lebih cepat dan efektif. Ini dapat membakar kalori lebih cepat daripada latihan aerobik lainnya. Namun, Anda harus berlari lebih cepat dan lebih lama.

Berlari di treadmill juga lebih mudah dan aman untuk persendian Anda daripada berlari di luar ruangan.

3. Ini membantu mengencangkan otot dan persendian Anda

Seperti latihan kardio lainnya, salah satu keuntungan lari treadmill yang paling populer adalah latihan ini melibatkan sebagian besar kelompok otot utama Anda dan berfungsi sebagai latihan seluruh tubuh.

Latihan treadmill tidak hanya mengencangkan otot kaki Anda, tetapi juga menargetkan otot punggung, perut, lengan, dan bokong Anda.

Berlari di atas treadmill dengan postur yang terjaga melibatkan otot inti Anda dan menawarkan latihan menyeluruh untuk seluruh tubuh Anda. Selain itu, menahan beban saat berlari dapat meningkatkan intensitas latihan secara keseluruhan.

4. Aman dan nyaman

Keuntungan luar biasa lainnya yang menyertai latihan treadmill adalah aman dan nyaman. Anda tidak perlu pergi keluar untuk berlari selama Anda memiliki treadmill. Anda dapat dengan mudah berolahraga dalam kenyamanan rumah dan bahkan menonton TV sambil berlari.

Dalam hal keamanan, joging di atas treadmill jauh lebih aman daripada berjalan atau berlari di jalan. Ini karena tidak ada risiko kecelakaan atau pelecehan, yang merupakan masalah yang memprihatinkan, terutama di malam hari.

Selain itu, berolahraga di rumah bersifat pribadi dan bagus jika Anda tidak ingin orang lain memperhatikan Anda saat berolahraga.

5. Membantu pembentukan kepadatan tulang 

Salah satu bagian terbaik tentang latihan treadmill adalah membantu Anda membangun kepadatan tulang.

Kepadatan tulang terutama mengacu pada jumlah mineral yang dimiliki tulang Anda. Ini berkontribusi pada daya tahan dan kekuatan mereka. Semakin banyak Anda berolahraga, semakin banyak mineral yang masuk ke tulang Anda, membuatnya tahan lama dan lebih kuat.

Kepadatan tulang yang lebih tinggi sangat penting karena membantu melawan masalah kesehatan seperti osteoporosis, yang membuat tulang Anda lemah dan sakit saat digerakkan.

6. Meningkatkan fleksibilitas sendi

Dalam hal tetap aktif, terutama di usia tua, kelenturan sendi sangat penting. Ini memerangi radang sendi, penyakit tulang, dan kondisi kesehatan lainnya yang membatasi mobilitas dan fleksibilitas Anda.

Berlari atau berjalan di atas treadmill mengurangi kemungkinan Anda mengalami masalah persendian dan meningkatkan mobilitas Anda.

7. Meningkatkan kesehatan mental

Terlepas dari semua manfaat kesehatan fisik, berlari atau berjalan di atas treadmill juga meningkatkan kesehatan mental Anda dan membantu Anda berpikir lebih baik serta merasa lebih bahagia.

Latihan kardio seperti lari menyebabkan pelepasan endorfin, senyawa yang membuat Anda merasa bahagia dan meredakan kecemasan dan depresi.

Ardi Setiadharma, CEO Technogym Indonesia, produsen treadmill antiberisik, Technogym Run mengatakan engguna treadmill memiliki beragam tujuan.

Ada yang sekedar berlari untuk tetap bugar, menurunkan berat badan, meningkatkan performa untuk pelari amatir, marathon, atlet triatlon atau penggemar kebugaran sederhana.

"Kesemuanya kami akomodir dengan Technogym Run yang menyediakan ekosistem lengkap yang terdiri dari peralatan kebugaran pintar yang terhubung layanan digital dan konten pelatihan. Dan orang dapat terhubung ke pengalaman pelatihan pribadi mereka di mana saja, baik pada peralatan Technogym maupun perangkat seluler," paparnya.

Dia menambahkan penggunanya bisa memilih pengalaman pelatihan mereka dari berbagai program dan mode pelatihan (kardio, kekuatan, intensitas tinggi) atau dari perpustakaan latihan video sesuai permintaan yang mencakup sesi

Selain itu bisa memilih olahraga yang dipimpin pelatih, rutinitas yang mengikuti objektif tertentu, serta latihan virtual luar ruangan yang imersif menyesuaikan dengan kecepatan, kemiringan rute yang dipilih.

Selain itu, Technogym Live menawarkan pilihan hiburan termasuk Netflix, YouTube, saluran TV, media sosial, dan banyak lagi. Dengan demikian, pengguna Technogym Run pastinya tidak akan merasa bosan atau jenuh saat menggunakannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro