Obesitas adalah kondisi yang kompleks, dengan dimensi sosial dan psikologis yang serius, yang mempengaruhi hampir semua kelompok usia dan sosial ekonomi dan mengancam untuk membanjiri negara maju dan berkembang. /who.int
Health

5 Tips Gaya Hidup Sehat Tanpa Penyakit Jantung dan Diabetes

Novita Sari Simamora
Senin, 7 Agustus 2023 - 09:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang yang terjebak dengan aktivitas bekerja dan duduk di depan laptop. Kemudian mengonsumsi camilan setiap hari dan makanan yang berada di lemari es.

Gaya hidup di atas merupakan gaya hidup yang tidak aktif karena lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk. Bila hal ini dilakukan terus menerus maka akan membuat penyakit serius pada masa tua.

Simak pola hidup sehat atau lifestyle yang harus dijaga agar sehat:

1. Ukur dan Perhatikan Berat Badan Anda

Menimbang berat badan Anda setiap minggu akan membantu Anda melihat apa yang hilang dan bertambah. Berat badan yang berlebihan menjadi sumber penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

2. Batasi Makanan Tidak Sehat dan Makan Makanan Sehat

Jangan lupa sarapan dan pilih makanan bergizi dengan lebih banyak protein dan serat serta sedikit lemak, gula, dan kalori. 

3. Konsumsi Suplemen Multivitamin

Untuk memastikan Anda memiliki tingkat nutrisi yang cukup, maka konsumsilah suplemen multivitamin setiap hari dengan dosis yang tepat.

Sumber vitamin alami diperoleh dari sayuran dan buah-buahan di rumah. Sebab, banyak mikronutrien yang sangat penting untuk Anda sistem kekebalan tubuh, termasuk vitamin A, B6, B12, C, D, dan E, serta seng, besi, tembaga, selenium, dan magnesium.

Namun, tidak  menjadi jaminan, bila Anda rajin mengonsumsi vitamin maka tubuh sehat selalu. Dalam beberapa kasus, vitamin dosis tinggi dapat terjadi buruk bagi kesehatan Anda.

4. Minum Air dan Tetap Terhidrasi, dan Batasi Minuman Bergula

Minumlah air secara teratur agar tetap sehat, tetapi tidak ada bukti bahwa sering minum air bisa dapat membantu mencegah infeksi virus. 

5. Kurangi waktu duduk dan layar

Banyak orang yang kurang olahraga, maka mengalami peningkatan risiko diabetes dan penyakit jantung dan stroke. Saat And duduk di depan layar komputer, maka jangan lupa untuk melakukan perenggangan atau sekadar berjalan-jalan dari satu ruangan ke ruangan lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro