Suasana gedung-gedung bertingkat yang tertutup oleh kabut polusi di Jakarta, Kamis (27/7/2023). Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menghimbau masyarakat untuk mengurangi mobilitas menggunakan kendaraan pribadi karena buruknya kualitas udara menurut data DLH DKI 70 persen beberapa hari ini dipengaruhi sektor transportasi. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
Health

Cara Membersihkan Paru-Paru dari Polusi Udara

Maria Elfika Simplisia
Rabu, 16 Agustus 2023 - 14:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Polusi udara berdampak buruk bagi kesehatan paru-paru penduduk di Jabodetabek. Saat ini, Jakarta menjadi salah satu kota dengan tingkat polusi udara tertinggi dan viral di media sosial.

Bagi Anda yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan, maka wajib mencoba beberapa cara untuk membersihkan paru-paru dari polusi udara. Dilansirkan dari Tufts Medical Center (16/08/2023), pekerja di luar rumah bisa mencoba perawatan diri dan perubahan gaya hidup untuk membersihkan paru-paru dari polusi.

Cara membersihkan paru-paru saat di rumah:

1. Teknik Uap

Menghirup uap dari sepanci air mendidih dapat membuka saluran udara dan membantu melonggarkan serta membersihkan lendir dari paru-paru. Menghirup uap juga dapat memberikan kelegaan sementara bagi pasien penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) yang mengalami sesak napas.


2. Perbanyak minum Teh Hijau

Membersihkan paru-paru Anda, bisa dengan cara sederhana yaitu menyesap teh panas khususnya teh hijau. Teh hijau dikemas memiliki kandungan antioksidan dan bisa mengurangi peradangan, dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu melindungi jaringan paru-paru dari dampak berbahaya menghirup asap.


3. Menggunakan Pembersih Udara

Salah satu cara membersihkan paru-paru adalah dengan terlebih dahulu membersihkan udara yang anda hirup. Meskipun anda tidak dapat mengatur polusi udara di luar ruangan, anda dapat mengontrol udara di rumah sendiri.

Pertimbangkan untuk membeli alat pembersih udara, baik sistem seluruh rumah atau perangkat kecil untuk masing-masing ruangan demi menciptakan lingkungan di dalam rumah yang lebih sehat. Pakar kesehatan menyarankan untuk tidak menggunakan penyegar udara dengan aroma buatan yang keras karena dapat mengiritasi paru-paru.


4. Berolahraga Secara Teratur

Anda juga bisa melakukan olahraga ringan secara teratur (terutama aktivitas aerobik seperti bersepeda, berenang, dan menari)yang dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru, meningkatkan kadar oksigen, dan memberikan banyak manfaat kesehatan lainnya. Jika anda memiliki kondisi paru-paru seperti COPD atau asma, pastikan untuk berbicara dengan ahli medis sebelum memulai rutinitas olahraga baru.


5. Makan Makanan Anti Inflamasi

Saluran udara yang meradang dapat menyebabkan sesak napas, perasaan berat dan tidak nyaman di dada. Menikmati makanan dengan sifat anti inflamasi dapat membantu mengurangi peradangan ini dan membantu anda bernapas lebih mudah.

Anda juga dianjurkan untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan seperti bluberi, ceri, brokoli, coklat hitam, kunyit, sayuran hijau, zaitun dan kacang-kacangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro