Mengekspos mata ke sinar ultraviolet dapat menyebabkan kerusakan seiring waktu.
Health

Cara-Cara Meningkatkan Kesehatan Mata Secara Alami

Redaksi
Rabu, 16 Agustus 2023 - 20:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mata merupakan organ tubuh yang sangat penting bagi tubuh. Masalah penglihatan yang serius dapat memengaruhi hidup dari waktu ke waktu.

Dilansir dari CNET, Rabu (16/8/2023), kehilangan penglihatan dapat menurunkan kualitas hidup Anda dan meningkatkan risiko depresi, diabetes, dan masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga kesehatan mata. Kebiasaan sehari-hari yang sederhana dapat membuat perbedaan besar bagi kesehatan mata Anda.

Sekarang, paparan layar digital semakin tinggi dan polusi lingkungan tak terhindarkan sehingga berpengaruh pada kesehatan mata. Menjaga kesehatan mata secara alami menjadi semakin penting. Ini memerlukan upaya yang konsisten dan perubahan gaya hidup yang positif. Berkonsultasi dengan dokter mata juga diperlukan untuk saran yang lebih spesifik sesuai kondisi Anda.

Berikut adalah cara-cara meningkatkan kesehatan mata secara alami:

1. Memakai kacamata 

Mengekspos mata ke sinar ultraviolet dapat menyebabkan kerusakan seiring waktu. Mengenakan kacamata, terutama kacamata hitam, dapat memblokir sinar UV yang berbahaya, menurunkan risiko penyakit mata seperti katarak, sengatan matahari, kanker mata, dan pertumbuhan di sekitar mata.

Kacamata terpolarisasi dengan lensa asap atau abu-abu dapat memberikan perlindungan terbaik terhadap sinar matahari dan mengurangi silau.


2. Istirahat layar

Waktu layar yang lama dapat menyebabkan mata kering, nyeri di leher dan bahu, penglihatan kabur, sakit kepala dan ketegangan mata digital, atau sindrom penglihatan komputer. The American Optometric Association merekomendasikan penggunaan aturan 20-20-20 untuk mencegah terjadinya masalah tersebut. Setiap 20 menit, lihat sesuatu yang berjarak setidaknya 20 kaki selama 20 detik.

3. Istirahat membaca

Membaca buku juga menyebabkan mata menjadi tegang. Membaca buku dengan memegangnya dari dekat untuk waktu yang lama dapat menyebabkan rabun jauh.

Anda bisa menggunakan aturan 20-20-20 untuk istirahat membaca. Jika terlalu asyik dengan apa yang Anda baca, setel alarm agar Anda tidak melewatkan waktu istirahat 20 menit Anda.


4. Olahraga teratur

Olahraga teratur dapat memberikan manfaat kesehatan mata, seperti meningkatkan kesehatan pembuluh darah, menurunkan risiko terkena glaukoma, dan menurunkan risiko retinopati diabetik.

CDC merekomendasikan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik sedang setiap minggu, ditambah dua hari latihan kekuatan untuk otot Anda. Anda juga bisa berlatih senam mata untuk mengurangi ketegangan dan ketegangan mata saat duduk di meja kerja.


5. Pergi ke luar

Anak-anak dan orang dewasa perlu sering keluar. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang menghabiskan waktu di luar rumah memiliki risiko lebih rendah terkena rabun jauh pada masa remaja dan dewasa.

Bermain di taman bermain setempat, berjalan-jalan di hutan, atau bahkan bermain di halaman belakang dapat membantu seluruh keluarga tetap sehat dan aktif. 


6. Jangan merokok

Merokok dapat meningkatkan risiko terkena penyakit mata, seperti katarak atau degenerasi makula terkait usia. Perokok memiliki peluang dua atau tiga kali lebih tinggi terkena katarak dan risiko AMD hingga empat kali lebih tinggi. 


7. Makan makanan seimbang

Makanan yang Anda konsumsi setiap hari dapat meningkatkan kesehatan mata. Makan makanan yang kaya vitamin A, C dan E, beta-karoten, asam lemak omega-3, lutein, zeaxanthin dan seng dapat membantu pertumbuhan sel, menurunkan peradangan jaringan mata, dan membatasi radikal bebas yang dapat merusak mata. Berikut adalah contoh-contoh makanannya

- Vitamin A dan beta-karoten: Aprikot, wortel, melon, ubi jalar, paprika merah, keju ricotta, mangga

- Vitamin C: Jeruk bali, jeruk, lemon, jeruk keprok, persik, stroberi, tomat, paprika merah

- Vitamin E: Alpukat, almond, selai kacang, bibit gandum, biji bunga matahari

- Omega-3: Halibut, sarden, salmon, tuna, trout

- Lutein dan Zeaxanthin: Sayuran sawi, brokoli, telur, kacang polong, kangkung, bayam, selada romaine, lobak hijau

- Seng: Kacang lima, kacang merah, kacang polong, daging merah tanpa lemak, tiram, sereal yang diperkaya, unggas


8. Hindari mengucek mata

Mengucek mata dapat menyebabkan kerusakan mata atau infeksi. Mengucek mata terlalu banyak atau terlalu keras dapat menyebabkan masalah seperti penglihatan berkurang atau kabur, sakit kepala, peradangan, sensitivitas mata dan cahaya.

Alasan lain untuk menghindari mengucek mata adalah karena bakteri atau virus di jari atau tangan Anda dapat menyebabkan konjungtivitis yang biasa disebut mata merah. Alih-alih menggosok mata, gunakan obat tetes mata untuk membersihkan mata dan menjaganya tetap lembap.


9. Cuci tangan 

Anda harus selalu mencuci tangan sebelum menyentuh wajah atau mata dan memegang lensa kontak. Hampir 45 juta orang Amerika memakai lensa kontak dan sekitar 1 dari 3 pemakai mengalami komplikasi, dengan 1 dari 5 infeksi dari lensa kontak menyebabkan kerusakan kornea.

Tidak ada yang tahu jenis kuman apa yang ada pada benda yang Anda sentuh. CDC juga mengatakan bahwa mencuci tangan secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit pernapasan hingga 21 persen dan penyakit diare hingga 40 persen.


10. Hapus riasan

Menghapus riasan mata sebelum tidur bermanfaat bagi kesehatan mata dan dapat menurunkan risiko blepharitis atau peradangan kelopak mata. Anda juga harus menggunakan produk yang memang dibuat untuk mata, sering mengganti riasan Anda terutama setelah infeksi mata, tidak mengoleskan riasan mata di kelopak mata bagian dalam, dan tidak pernah berbagi riasan mata dengan orang lain. (Salma Permata Dewi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro