Zoom Video Communications, Inc. /zoom.us
Entertainment

DKI Jakarta Kembali WFH, Ini 5 Rekomendasi Aplikasi Agar Tetap Produktif Kerja

Mutiara Nabila
Rabu, 16 Agustus 2023 - 18:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk mengatasi polusi di Jakarta, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal kembali menerapkan kebijakan bekerja dari rumah (work from home/WFH). 

Adapun, WFH diberlakukan dengan kapasitas 50 persen bagi aparatur sipil negara (ASN) mulai 28 Agustus hingga 7 September 2023. 

Selain WFH, Pemprov DKI juga akan menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) bagi siswa yang bersekolah di Ibu Kota, yakni sebesar 50 persen PJJ dan 50 persennya lagi mengikuti pembelajaran luring di sekolah.

Ketika bekerja dari rumah atau WFH cara kerja pasti menjadi berubah.

Berikut ini ada lima aplikasi yang bisa digunakan agar tetap produktif ketika bekerja dari rumah:

1. Zoom

Sejak pandemi, masyarakat pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi satu ini. Bahkan aplikasi ini juga masih digunakan sampai sekarang. 

Zoom merupakan aplikasi konferensi video yang memungkinkan penggunanya tak hanya untuk video call, tapi juga melakukan meeting hingga webinar secara online. Aplikasi ini juga cukup mudah digunakan dan bisa digunakan di perangkat apa saja, dari ponsel, tablet, laptop, dan komputer. 

2. Google Workspace

Untuk bisa beradaptasi ke era teknologi dan digital dalam penerapan WFH, Google meluncurkan Google Workspace yang memungkinkan pekerja tetap bisa bekerja secara kolaboratif. 

Google Workspace merupakan serangkaian aplikasi komunikasi dan kolaborasi yang dapat digunakan perusahaan. Di dalamnya terdapat beberapa aplikasi seperti Google Meet, Google Drive, Gmail, ataupun produk Google lainnya. 

3. Trello 

Aplikasi ini bisa digunakan bagi pekerja yang bekerja secara tim agar tetap terorganisir tanpa harus bertemu satu sama lain. 

Trello dapat membantu menyusun rencana kerja, mengerjakan proyek secara bersama-sama, dan lain-lain. Trello juga memungkinkan tim untuk membuat board untuk setiap proyek dengan format yang dapat di-filter berdasarkan kategorinya. Trello juga menyediakan fitur checklists, tanggal jatuh tempo, label, dan lampiran. 

4. Clockify

Clockify adalah aplikasi pelacak waktu untuk mencatat waktu yang digunakan ketika sedang menyelesaaikan tugas dan proyek. Aplikasi ini memungkinkan pengguna mencatat waktu yang digunakan untuk mengerjakan setiap proyek dan membagi pekerjaan berdasarkan proyek atau kategori. 

5. Forest Focus

Tidak dapat dipungkiri bahwa bekerja di rumah tidak akan lepas dari banyaknya gangguan dan distraksi. Namun, splikasi Forest Focus bisa berguna membantu pekerja agar lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan. 

Forest Focus adalah aplikasi untuk menanam tanaman digital yang akan tumbuh seiring dengan tingkat fokus penggunanya. Jika terus fokus, penggunanya bisa mendapatkan koin yang bisa dimanfaatkan untuk penanaman pohon di dunia nyata. 

Jadi, selain memberikan manfaat bagi komunitas lingkungan, aplikasi ini juga bisa mencatat statistik  mendetail tentang seberapa banyak waktu yang digunakan untuk bekerja dan seberapa produktif Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro