Lomba makan kerupuk/SMK Negeri 9 Samarinda
Entertainment

Beragam Lomba Khas 17 Agustus, dari Makan Kerupuk hingga Balap Karung

Redaksi
Kamis, 17 Agustus 2023 - 02:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia setiap tanggal 17 Agustus identik dengan perlombaan.

Semarak peringatan tersebut, selalu diikuti oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Ada banyak perlombaan yang menjadi ciri khas peringatan 17 Agustus setiap tahunnya. 

Menyongsong 78 tahun kemerdekaan, berikut daftar lomba seru yang dapat dijadikan referensi.

1. Makan Kerupuk

Lomba makan kerupuk biasanya selalu ada setiap perayaan 17 Agustus. Lomba ini mengharuskan peserta makan kerupuk yang tergantung pada tali dengan posisi tangan dilipat kebelakang.

2. Balap Kelereng

Pada lomba ini, peserta akan mengigit senduk yang sudah diberi kelereng sehingga peserta diharuskan menjaga keseimbangan sehingga kelereng tidak jatuh hingga garis finish.

3. Tarik Tambang

Lomba ini akan lebih seru jika dimainkan oleh orang dewasa. Lomba ini membutuhkan kerja sama dan kekimp karena peserta akan dibagi dalam dua kelompok dan berhadapan menarik tali. Bagi kelompok yang dapat menarik kelompok lawan hingga melewati garis tengah, maka dinyatakan sebagai pemenang.

4. Balap Karung

Seperti lomba lari pada umumnya peserta akan berkompetisi untuk sampai ke garis finish, namun dalam lomba balap karung peserta mendapatkan tantangan berlari dengan kaki dimasukan dalam karung.

5. Panjat Pinang

Lomba yang satu ini cocok diadakan bagi kaum lelaki. Perlombaan ini mewajibkan peserta untuk memanjat pohon atau bambu yang diatasnya sudah digantungkan hadiah. Biasanya pohon atau bambu akan diolesi oli, sehingga peserta tidak mudah mencapai puncang. Bagi mereka yang berhasil mengambil hadiah, dapat membawa pulang hadiah tersebut.

6. Futsal Berdaster

Cara main pada lomba ini sama seperti bermain futsal pada umumnya, namun yang membedakan adalah kostumnya. Peserta diharuskan menggunakan daster sebagai tantangan.

7. Lomba cerdas cermat

Lomba satu ini dapat dipraktekkan di sekolah maupun lingkungan sekitar. Tentunya lomba ini dapat diikuti oleh kalangan manapun , namun soal yang diberikan harus disesuaikan dengan tema kemerdekaan atau soal-soal yang berkaitan dengan pendidikan kewarganegaraan.

8. Lomba menebak gambar pahlawan.

Lomba yang satu ini bisa dipraktekkan di sekolah-sekolah , lomba ini dapat menjadi edukasi dan pembelajaran kepada anak-anak untuk mengingat dan menghormati pahlawan-pahlawan Nasional .

Nah, itulah daftar lomba yang dapat dijadikan referensi untuk memeriahkan ulang tahun kemerdekaan RI ke 78. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro