Ilustrasi menu makanan sehat. Dok. Freepik.
Health

Makan Malam Lebih Awal Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini Kata Ahli Gizi

Redaksi
Kamis, 24 Agustus 2023 - 20:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Makan malam lebih awal bukan hanya bermanfaat untuk menjaga berat badan dan pencernaan, tetapi juga dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak. 

Melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, ahli gizi Rashi Chowdhary mengatakan bahwa melatonin, hormon yang berperan dalam mengatur pola tidur akan mulai dilepaskan dalam aliran darah setelah matahari terbenam. 

Ketika tubuh mendapatkan asupan makanan dalam jumlah besar setelah matahari terbenam, tubuh juga akan melepaskan insulin yang meningkatkan kortisol yang merupakan hormon stres, ini adalah respons metabolik dasar untuk mencerna makanan. Masalahnya adalah kortisol dan melatonin bersaing satu sama lain dan dapat menyebabkan banyak masalah hormonal. 

Jadi, ketika anda memulai makan malam lebih awal, tubuh akan mendapatkan cukup waktu untuk melepaskan melatonin.

"Untuk melepaskan melatonin ke titik di mana antara jam 10 malam sampai jam 2 pagi ketika hormon pertumbuhan mencapai puncaknya, enzim perbaikan, enzim restoratif, semua ini akan disekresikan dan itulah mengapa anda bangun dengan perasaan berenergi dan segar,” tulis Chowdhary dalam unggahannya. 

Manfaat lain dari makan malam lebih awal

Dilansir dari laman The Indian Express, Rabu (23/8/2023), berikut adalah beberapa manfaat makan malam lebih awal untuk tubuh. 

1. Meningkatkan sistem pencernaan

Makan malam lebih awal memberikan tubuh lebih banyak waktu untuk mencerna makanan sebelum tidur. Hal ini dapat membantu mencegah masalah seperti refluks asam lambung atau gangguan pencernaan yang mungkin timbul ketika tubuh berbaring dengan perut kenyang. 

Ketika makan malam lebih awal sebelum tidur, sistem pencernaan dapat bekerja lebih efisien, memecah dan menyerap nutrisi secara efektif.


2. Menstabilkan kadar gula darah

Makan malam lebih awal dapat membantu menjaga kestabilan kadar gula darah. Ketika mengonsumsi makanan dan memberikan waktu yang cukup bagi tubuh untuk mencernanya sebelum tidur, hal ini dapat membantu mencegah lonjakan kadar gula darah dan dapat meningkatkan kesehatan metabolisme secara keseluruhan.


3. Meningkatkan energi di pagi hari 

Ketika makan malam lebih awal, tubuh memiliki lebih banyak waktu untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi. Hal ini dapat memberikan pelepasan energi yang stabil sepanjang malam hingga keesokan paginya. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro