Vaksin Anjing. /richviewanimalhospital
Health

Tips Memiliki Hewan Peliharaan Panjang Umur dan Sehat

Redaksi
Jumat, 25 Agustus 2023 - 16:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Melihat hewan peliharaan sehat dan aktif merupakan kegembiraan tersendiri bagi orang-orang yang memelihara hewan. 

Hewan peliharaan kerap kali menjadi teman cerita dan teman bermain bahkan sering kali dianggap sebagai anggota keluarga. Tidak heran, hewan peliharaan juga mendapatkan perhatian dan rasa sayang.

Rasa sayang tersebut membuat mereka tidak rela melihat hewan peliharaan sakit atau bahkan mati. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan tersebut, perhatikanlah segala sesuatu yang dapat mempengaruhi hewan peliharaan.

Dilansir Hindustantimes.com (25/8/2023), pemilik hewan wajib memperhatikan gaya hidup sehat dan pemeriksaan dokter hewan secara teratur dapat menjaga kesehatan hewan peliharaan. Pastikan untuk memberi makanan seimbang yang penuh nutrisi sesuai ras serta menetapkan rutinitas yang sehat untuk memastikan  hewan peliharaan berumur panjang dan bebas penyakit.

Simak 7 tips untuk membantu hewan peliharaan tetap sehat:

1. Perhatikan Pola Makan yang Seimbang 

Berikan hewan peliharaan makanan seimbang dan bergizi yang sesuai dengan spesies, usia, ukuran, dan kebutuhan makanan spesifiknya. Konsultasikan dengan dokter hewan untuk menentukan pilihan makanan dan jadwal pemberian makan terbaik untuk hewan peliharaan.


2. Konsultasi Dokter Hewan Secara Teratur

Jadwalkan pemeriksaan rutin dengan dokter hewan untuk memantau kesehatan hewan peliharaan,  mengetahui potensi masalah sejak dini, dan menerima vaksinasi yang sesuai serta perawatan pencegahan. Ikuti jadwal vaksinasi yang direkomendasikan dan pertahankan rutinitas kebersihan gigi.  


3. Latihan dan Stimulasi Mental 

Pastikan hewan peliharaan berolahraga secara teratur dan stimulasi mental untuk menjaga berat badan yang sehat dan kesehatan secara keseluruhan. Libatkan dalam aktivitas seperti jalan-jalan, bermain mainan atau latih kepekaan hewan.


4. Pelayanan Kesehatan Preventif

Lindungi hewan peliharaan dari parasit seperti kutu, caplak, dan cacing hati dengan menggunakan perawatan pencegahan yang tepat. Rawat hewan peliharaan secara teratur dan periksa tanda-tanda penyakit atau kelainan apa pun. 


5. Menjaga Lingkungan yang Aman 

Ciptakan lingkungan yang aman dan terlindungi agar hewan peliharaan bebas dari bahaya, zat beracun, dan potensi cedera. Amankan rumah dan halaman agar meminimalisir risiko kecelakaan.


6. Pertahankan Berat Badan yang Sehat 

Jangan sampai hewan peliharaan tergolong obesitas, karena obesitas dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada hewan peliharaan. Beri makanan dengan porsi yang sesuai dan hindari camilan yang berlebihan.


7. Berikan Kesejahteraan Mental dan Emosional 

Berikan mereka lingkungan hidup yang nyaman dan dorong mereka untuk bersosialisasi dengan hewan dan manusia lain untuk mencegah masalah perilaku yang tidak diinginkan. Berkonsultasi dengan dokter hewan untuk menyesuaikan pedoman dengan kebutuhan spesifik dengan kondisi kesehatan hewan peliharaan. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro