Kunyit. /litbang kemendagri
Health

Rekomendasi Makanan yang Dapat Mengurangi Dampak Polusi Udara

Redaksi
Minggu, 27 Agustus 2023 - 11:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Dampak polusi udara perlahan mulai dirasakan oleh masyarakat Jabodetabek.

Pola hidup sehat menjadi satu langkah terdepan yang harus dilakukan demi menjaga kesehatan tubuh dari jahatnya dampak polusi udara. Tentunya, asupan makanan yang tepat juga membantu tubuh meminimalisir dampak dari polusi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut rekomendasi makanan yang dapat menjaga tubuh tetap sehat dan dapat meminimalisir dampak polusi.

1. Kunyit

Kunyit dikenal karena sifat anti-inflamasinya yang melindungi paru-paru dari efek racun polusi. Mengkonsumsi campuran kunyit dengan gula dapat meredakan batuk dan iritasi pada paru akibat polusi udara.

Kunyit juga bisa dicampurkan pada susu hangat dan minum secara rutin pada malam hari.

2. Bayam

Disaat kamu sakit, penting untuk mengkonsumsi sayuran hijau dan pilihan yang tepat saat ini adalah bayam. Bayam mengandung Beta karoten, zeaxanthin, lutein dan klorofil yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh.

Tidak hanya itu, bayam yang mengandung klorofil terbukti memiliki sifat anti kanker yang bisa menghindari risiko kanker hingga masalah paru-paru. Magnesium yang terkandung dalam bayam juga memberikan kekebalan yang melawan kabut asap.

3. Brokoli

Mengkonsumsi brokoli dapat membantu mengeluarkan racun yang masuk dari polusi udara. Hal ini dikarenakan brokoli mengandung sulforaphane atau senyawa antikarsinogenik yang dapat mengeluarkan tingkat karsinogen melalui usus. Selain itu, banyaknya vitamin C yang ditemukan dalam brokoli juga membantu meningkatkan tingkat kekebalan tubuh

4. Tomat

Kandungan beta-karoten, vitamin C dan Likopen dalam tomat membantu mengurangi peradangan saluran pernapas sehingga mengurangi asma dan masalah pernapasan lainnya.

5. Amla

Menurut sebuah penelitian, konsumsi amla secara teratur dapat menghilangkan segala macam efek buruk yang disebabkan oleh partikel debu pada hati. Ini juga mencegah kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh partikel debu.

6. Teh Hijau

Kandungan antioksidan dalam teh hijau dapat membantu tubuh membuang racun dalam tubuh

7. Minyak zaitun

Alfa-tokoferol, sejenis vitamin E yang ditemukan dalam minyak zaitun meningkatkan fungsi paru-paru. Selain itu, asam lemak yang terkandung dalam minyak zaitun dapat membantu mengurangi peradangan. Penelitian menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat melindungi terhadap efek buruk vaskular akibat paparan partikel polusi udara.

8. Buah-buahan

Mengkonsumsi buah seperti jeruk, jambu biji, kiwi, jeruk bali, lemon, yang kaya akan Vitamin C sangat penting untuk mengurangi efek berbahaya dari polusi serta menjaga kesehatan paru-paru. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro