Kru Air Force One berdiri di pintu pesawat./Reuters
Travel

10 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Paling Mahal Rp9,9 Triliun

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 27 Agustus 2023 - 13:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jet pribadi banyak dimiliki para pesohor dunia maupun di Indonesia.

Umumnya, mereka memiliki jet pribadi agar lebih memudahkan perjalanan dan lebih privasi dibandingkan dengan menggunakan pesawat komersil.

Meski banyak crazy rich dunia punya jet pribadi, tapi ada beberapa  jet pribadi yang harganya fantastis.

Bahkan, jet luxury ini dilengkapi dengan kantor pribadi, kamar tidur berukuran penuh, ruang bermain anak-anak, tempat spa, ruang konser, dan banyak lagi detail kemewahan lainnya.

Berikut 10 jet pribadi termahal di dunia dilansir dari Jetfinder

1. Air Force One – US$660JUTA

10 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Paling Mahal Rp9,9 Triliun

US Air Force One, mewakili salah satu jet pribadi termahal yang beroperasi, karena membawa Presiden dengan keamanan, kemewahan, dan teknologi yang tak tertandingi.

Tidak mengherankan jika salah satu jet paling terkenal di dunia juga merupakan jet pribadi termahal. Ini adalah Air Force One – Boeing 747-200B yang memiliki harga US$660 juta atau sekitar Rp9,9 triliun.

Air Force One adalah simbol kepresidenan Amerika yang diakui di seluruh dunia.

Fasilitas dalam Air Force One

  • Ruang medis yang lengkap (termasuk ruang operasi) dan tim medis dengan dokter selalu siap sedia
  • Ruang konferensi
  • Dua dapur
  • Beberapa tempat tidur.
  • Ini semua tersebar di tiga dek dan 4000 kaki persegi.
  • Selain itu, Air Force One diperkuat secara fisik dan elektronik untuk melindungi jet dari gelombang elektromagnetik. Selain itu, pesawat ini dapat diisi bahan bakarnya di udara dan selalu diikuti oleh dua jet tempur.

Meskipun merupakan pesawat termahal, namun juga paling eksklusif, dan uang saja tidak akan membuat Anda bisa berkunjung ke pesawat ini!

2. Airbus A380 Pangeran Al Waledd US$600JUTA

10 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Paling Mahal Rp9,9 Triliun

Jet pribadi termahal yang pernah dibuat adalah Airbus A380 yang dimodifikasi untuk Pangeran Saudi Al Waleed Bin Talal al-Saud.

Meskipun harga pastinya tidak diketahui, biayanya diperkirakan sekitar US$600 juta atau Rp9 triliun.

Menurut Jet Base, Airbus A380 awalnya dibeli seharga US$400 juta tetapi tambahan US$200 juta diinvestasikan untuk dekorasi ulang dan pembangunan kembali jet tersebut secara besar-besaran.

Interiornya dirancang oleh desainer interior terkenal Edèse Doret, dan dia mendesainnya sesuai keinginan sang pangeran.

Desain akhirnya adalah jet tiga lantai dengan elevator berbahan kaca untuk memudahkan perpindahan lantai. Jet ini juga memiliki pemandian Turki dengan sentuhan akhir berlapis emas, garasi internal tempat sang pangeran dapat memarkir Rolls Royce-nya yang bertatahkan berlian, dan musala dengan tikar yang secara otomatis berputar menghadap Mekah.

3. Airbus A340-300 Alisher Usmanov $500 JUTA

10 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Paling Mahal Rp9,9 Triliun

Masuki jet pribadi Alisher Usmanov yang mewah, menampilkan perabotan mewah dan fasilitas canggih, menjadikannya salah satu jet pribadi termahal untuk pengalaman perjalanan yang tak tertandingi

Jet pribadi termahal ketiga tak lain adalah milik orang terkaya Rusia Alisher Usmanov.

Meskipun awalnya dia membayar US$238 juta untuk pesawat itu, dia tidak mengeluarkan biaya apa pun untuk menjadikannya miliknya. Belakangan harganya diperkirakan US$500 juta atau Rp7,6 triliun.

Sayangnya, detail pesawatnya dirahasiakan, tapi selain interiornya yang mewah, kabarnya juga ada klub malam!

4. Boeing 747-8 VIP Dreamliner– US$367 JUTA

10 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Paling Mahal Rp9,9 Triliun

Boeing 747-8 VIP dijuluki Dreamliner. Model yang dimaksud memiliki ruang yang dapat digunakan hampir 5.000 kaki persegi.

Jet ini memiliki pemilik pribadi VIP yang tidak diketahui, yang telah melengkapinya dengan kabin, ruang makan, lounge, dan bahkan zona kantor.

Terlepas dari harganya yang mahal, jet Boeing ini memiliki desain yang sangat minimalis dan kamar tidur utamanya membuat malu banyak hotel bintang lima. Harganya diperkirakan US$367 juta atau Rp5,5 triliun.

5. AIRBUS ACJ350 – US$326 JUTA

10 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Paling Mahal Rp9,9 Triliun

Manjakan diri di zona spa yang meremajakan dalam ACJ350, fasilitas mewah yang membedakan pesawat ini sebagai salah satu jet pribadi termahal, menawarkan penumpang pengalaman relaksasi terbaik di angkasa

Airbus ACJ350 berharga US$326 juta atau Rp4,89 triliun untuk pesawatnya saja. Interior khusus, yang dirancang oleh Lufthansa Technik, bersifat ekstra dan mungkin menghasilkan tambahan US$500 juta.

Pesawat ini terasa seperti rumah kedua di angkasa, dimana wisatawan dapat menikmati:

  • spa di dalam pesawat
  • kantor swasta
  • kamar tidur ukuran penuh
  • ruang bermain anak-anak.

Sebagaimana diuraikan di situs web Airbus, pesawat-pesawat ini menawarkan luas lantai yang setara dengan beberapa rumah. Selain itu, ia memiliki hingga delapan zona suhu & sistem filtrasi tingkat rumah sakit.

Kabin depan dikhususkan untuk ruang keluarga, dengan kamar mandi dan kamar tidur VIP, ditambah area lounge dan kantor. Di bagian tengah, ruang tamu memberikan relaksasi dan kenyamanan.

Ruang makan formal dapat menampung delapan orang, dan dapur lengkap mendukung berbagai makanan mewah. Empat kamar tamu pribadi berbagi dua kamar mandi mewah, melengkapi pengalaman jet pribadi termahal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro