Tertawa/boldsky.com
Health

Kabar Gembira, Tertawa Bisa Terhindar dari Sakit Jantung

Mia Chitra Dinisari
Senin, 28 Agustus 2023 - 10:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tertawa bisa menyehatkan.

Hal ini karena tertawa menyebabkan jaringan di dalam jantung mengembang dan meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh.

Pasien dengan penyakit arteri koroner yang mengikuti terapi tertawa mengalami penurunan peradangan dan kesehatan yang lebih baik, demikian temuan penelitian tersebut.

“Studi kami menemukan bahwa terapi tertawa meningkatkan kapasitas fungsional sistem kardiovaskular,” kata penulis utama, Prof Marco Saffi, dari Hospital de Clínicas de Porto Alegre di Brazil dilansir dari Guardian.

Temuan ini dipresentasikan pada pertemuan tahunan European Society of Cardiology di Amsterdam, konferensi jantung terbesar di dunia.

Dalam uji coba tersebut, para ilmuwan melakukan penelitian pertama untuk mengetahui apakah terapi tertawa dapat memperbaiki gejala pasien penyakit jantung.

Penelitian ini melibatkan 26 orang dewasa dengan usia rata-rata 64 tahun, semuanya didiagnosis menderita penyakit arteri koroner, yang disebabkan oleh penumpukan plak di dinding arteri yang memasok darah ke jantung.

Selama tiga bulan, separuh dari mereka diminta untuk menonton dua program komedi berdurasi satu jam yang berbeda setiap minggunya, termasuk komedi situasi populer. Setengah lainnya menonton dua film dokumenter serius yang berbeda, tentang topik seperti politik atau hutan hujan Amazon.

Pada akhir masa studi 12 minggu, kelompok komedi mengalami peningkatan sebesar 10% dalam tes yang mengukur berapa banyak oksigen yang dapat dipompa jantung mereka ke seluruh tubuh.

Kelompok ini juga mengalami kemajuan dalam pengukuran kedua yang menguji seberapa baik arteri dapat berkembang.

Mereka juga melakukan tes darah untuk mengukur beberapa biomarker inflamasi, yang menunjukkan berapa banyak plak yang menumpuk di pembuluh darah, dan apakah seseorang berisiko terkena serangan jantung atau stroke. Hasilnya menunjukkan bahwa penanda inflamasi ini berkurang secara signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Studi ini menemukan bahwa terapi tertawa adalah intervensi baik yang dapat membantu mengurangi peradangan dan menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

Saffi menyarankan, terapi tertawa bisa membantu mengurangi ketergantungan terhadap obat-obatan.

Meskipun para ilmuwan masih terus melakukan penelitian tentang mengapa tawa yang baik bermanfaat bagi jantung, mereka kini memiliki pemahaman yang kuat.

“Tertawa membantu jantung karena melepaskan endorfin, yang mengurangi peradangan dan membantu jantung dan pembuluh darah rileks. Ini juga mengurangi kadar hormon stres, yang memberi tekanan pada jantung. Tertawa membantu orang merasa lebih bahagia secara keseluruhan, dan kami tahu ketika seseorang lebih bahagia, mereka akan lebih patuh dalam menjalani pengobatan.” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro