Ilustrasi ibu hamil
Health

Inilah Cara Memiliki Wajah Glowing Saat Masa Kehamilan

Redaksi
Senin, 28 Agustus 2023 - 21:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Memiliki wajah yang glowing dan sehat adalah dambaan semua ibu. Wajah yang glowing pada ibu hamil biasanya didapatkan karena hormon yang bekerja saat masa kehamilan.

Cara yang bisa dilakukan merawat kulit ibu hamil yakni dengan cara yang biasa dilakukan baik dengan cara mencuci muka atau perawatan lainnya. Meskipun ibu hamil fokus pada kesehatan dan kesejahteraan bayinya yang belum lahir, penting juga untuk memprioritaskan perawatan diri selama waktu khusus ini. 

Dikutip Health Shots (28/8/2023) selama kehamilan, fluktuasi hormonal dapat memicu berbagai masalah kulit seperti jerawat, hiperpigmentasi, peningkatan sifat manis mulut, kekeringan, atau peningkatan sensitivitas. Namun, dengan rutinitas perawatan kulit yang tepat, masalah kulit tersebut bisa diatasi.

Simak tips menjaga kulit bersih dan glowing saat masa kehamilan:

1. Membersihkan Kulit


Pilih pembersih yang lembut dan bebas sabun yang tidak akan menghilangkan minyak alami kulit. Hindari produk yang mengandung retinoid, asam salisilat, dan benzoil peroksida karena tidak dianjurkan selama kehamilan.


2. Menjaga Kelembaban

Jagalah kulit  tetap terhidrasi dengan pelembab non-komedogenik dan bebas pewangi. Bahan-bahan seperti asam hialuronat dan ceramide bisa bermanfaat.


3. Perlindungan Terhadap Sinar Matahari

Kehamilan dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari, sehingga menyebabkan hiperpigmentasi atau melasma yang sering disebut sebagai “topeng kehamilan”.

Untuk mencegah hal ini, gunakan tabir surya berspektrum luas yang aman untuk kehamilan dengan setidaknya SPF 30 setiap hari, bahkan pada hari berawan. Kenakan pakaian pelindung dan hindari paparan sinar matahari dalam waktu lama, terutama pada siang hari yang terik.


4. Tidur yang Cukup

Pastikan tidur yang cukup setiap malam agar terlihat dan terasa segar di pagi hari. Tidur yang cukup juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit terlebih saat masa kehamilan.


5. Olahraga

Olahraga memainkan peran penting dalam memerangi jerawat saat hamil. Olahraga setiap hari meningkatkan sirkulasi dan aliran darah, mengurangi stres dan mengencangkan kulit. Imbangi dengan makan buah dan sayuran segar yang bersih dan sehat , terhindar dari bahan bahan kimia yang melekat pada buah atau sayur. Selain menjaga kesehatan kulit, hal ini juga penting bagi kesehatan bayi.


6. Hidrat

Kulit Anda membutuhkan hidrasi untuk membantu meningkatkan kilau kehamilan yang patut ditiru. Oleh karena itu perhatikan kebutuhan cairan dalam tubuh. Perbanyak minum air mineral dan cairan yang mengandung vitamin.


Hindari juga 3 hal ini untuk menjaga kilau kulit saat hamil:

1. Produk kosmetik

Produk kosmetik dapat membantu meningkatkan kecantikan alami, namun penting untuk memilih produk yang bebas dari bahan kimia berbahaya yang berpotensi diserap ke dalam aliran darah.


2. Riasan

Carilah produk riasan yang aman untuk kehamilan dan bebas dari paraben, ftalat, dan pewangi buatan. Riasan mineral seringkali merupakan pilihan yang aman karena mengandung lebih sedikit bahan pengiritasi.


3. Produk Perawatan Rambut

Hindari pewarna rambut yang mengandung amonia atau bahan kimia keras lainnya, terutama pada trimester pertama. Pilihlah pewarna nabati atau pewarna henna sebagai alternatif yang lebih aman. Selain itu, hindari Perawatan keratin dan pelurusan menggunakan bahan kimia. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro