Ilustrasi sakit kepala akibat
Health

Penyebab Anda Sering Sakit Kepala di Pagi Hari

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 30 Agustus 2023 - 14:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pernahkah Anda terbangun dengan sakit kepala yang parah?

Ada beberapa alasan mengapa hal itu bisa terjadi pada Anda.

Memulai hari dengan sakit kepala memang sulit untuk diatasi. Rasa sakit ini menghabiskan energi dan usaha Anda yang seharusnya Anda gunakan sepanjang hari untuk beberapa pekerjaan produktif.

Orang-orang mengalami berbagai jenis sakit kepala seperti migrain, sakit kepala cluster, sakit kepala hipnik, sakit kepala tegang, dan hemikrania paroksismal.

Mengingat parahnya kondisi kesehatan, kita harus mengetahui berbagai penyebab yang dapat menyebabkan sakit kepala.

Berikut beberapa penyebab sakit kepala yang dilansir dari Times of India

1. Sulit tidur

Jika Anda kurang tidur di malam hari, kemungkinan besar Anda akan terbangun dengan kepala berat. Mereka yang kurang tidur dalam waktu lama dan dikatakan menderita insomnia bisa mengalami sakit kepala secara teratur, terutama di pagi hari. Penting untuk memperbaiki masalah ini dan mendapatkan pengobatan untuk itu.

2. Tidur berlebihan​

Ya, Anda membacanya dengan benar! Tidur berlebihan juga bisa menyebabkan sakit kepala. Meskipun mungkin terlihat aneh karena persepsi umum mengatakan bahwa tidur berlebihan membantu tidur, faktanya tidur berlebihan mengganggu ritme sirkadian alami dan mengganggu siklus tidur yang konsisten.

3. ​Kecemasan​

Depresi dan kecemasan meningkatkan risiko terkena migrain. Depresi juga mengurangi jam tidur yang cukup. Migrain dan sakit kepala hebat lainnya berhubungan langsung dengan suasana hati. Jika Anda memiliki masalah kesehatan mental, bicarakan dengan dokter Anda dan minum obat. Pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup agar tidak terbangun dengan sakit kepala di pagi hari.

4. Sleep Apnea 

Kesadaran meningkat seputar kondisi kesehatan apnea tidur. Komplikasi kesehatan ini ditandai dengan mendengkur, dimana pernapasan berhenti sebentar-sebentar sepanjang malam sehingga menyebabkan gangguan tidur. Kurang tidur di malam hari memicu sakit kepala saat bangun tidur.

5. ​Bruxisme​

Bruxism atau menggemeretakkan atau mengatupkan gigi adalah alasan lain mengapa orang mengalami sakit kepala di pagi hari. Karena menggemeretakkan gigi, nyeri timbul dari sendi temporomandibular di rahang dan ini menyebabkan sakit kepala.

6. ​Ketegangan pada otot leher​

Posisi tidur yang tidak tepat memberikan tekanan berlebihan pada otot leher. Ketegangan otot ini memicu sakit kepala yang sering dirasakan saat bangun tidur.

7. ​Dehidrasi​

Tahukah Anda kalau kekurangan air juga memicu sakit kepala yang tak tertahankan? Jika Anda tidak minum cukup air di malam hari, kemungkinan besar Anda akan mengalami dehidrasi saat tidur dan hal ini dapat menyebabkan sakit kepala di pagi hari. Dianjurkan untuk minum secukupnya sebelum tidur.

8. ​Kondisi kesehatan yang mendasari​

Terkadang kondisi kesehatan yang tidak terdiagnosis juga bisa menjadi penyebab siklus tidur Anda terganggu. Misalnya, penelitian menemukan bahwa sakit kepala pagi hari yang teratur dapat disebabkan oleh tumor otak jika ada tanda-tanda lain yang terkait dengannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro