Gejala penyakit jantung
Health

Kenali Gejala Penyakit Jantung Bagi Perempuan dan Pria

Redaksi
Rabu, 30 Agustus 2023 - 19:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Penyakit jantung menjadi penyakit yang ditakuti sebagian besar orang dengan usia lanjut. Namun tahukah kamu bahwa penyakit jantung juga menyerang orang berusia muda?

Penyakit jantung pada umumnya juga menyerang orang berusia muda. Hal ini bisa saja terjadi karena faktor keturunan, obesitas dan gaya hidup yang kurang sehat. Untuk mengantisipasi, kamu perlu tahu gejala penyakit jantung untuk meminimalisir kemungkinan hal yang tidak diinginkan.

Dilansir Health Central (30/8/2023) serangan jantung dapat terlihat berbeda pada setiap orang. Sebagian orang akan menunjukan tekanan, nyeri, atau sensasi tertekan atau terbakar di bagian tengah dada atau di perut bagian atas terutama saat beraktivitas. Sehingga orang kadang-kadang bingung membedakan refluks asam lambung dengan penyakit jantung.

Sedangkan gejala pada wanita biasanya berupa keringat dingin, kelelahan, sakit kepala ringan, mual dan muntah, sesak napas serta nyeri atau ketidaknyamanan di tubuh bagian atas seperti punggung, leher, rahang, lengan, dan perut. Untuk mencegah kamu terkena penyakit jantung tersebut, kamu hanya perlu membiasakan diri dengan pola hidup yang sehat.

Simak cara mencegah penyakit jantung di usia muda:

1. Jangan Merokok

Merokok tidak hanya menyebabkan penyakit jantung tetapi juga penyakit-penyakit menakutkan lainnya. Berhentilah merokok jika kamu mempunyai rutinitas merokok dan jangan mulai merokok jika kamu bukan perokok. Selamatkan masa muda kamu dengan tidak mendekatkan diri pada rokok.


2. Perhatikan Kondisi Kesehatan

Bekerjasamalah dengan tim perawatan kesehatan untuk mengelola kondisi seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. Ini termasuk meminum obat apa pun yang diresepkan untuk mengatur tekanan darah dan kolesterol. Pelajari lebih lanjut tentang mencegah dan mengelola tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.


3. Jaga Pola Makan

Konsumsi makanan rendah lemak trans, lemak jenuh, tambahan gula, dan natrium. Cobalah untuk mengisi setidaknya setengah piring dengan sayuran dan buah-buahan serta pilihlah pilihan rendah sodium. 


4. Tetap aktif

Meskipun kamu mungkin sibuk dengan pekerjaan atau rutinitas kamu, kamu harus bisa menyempatkan waktu untuk berolahraga. Cobalah olahraga-olahraga ringan yang sudah bisa membuat tubuh kamu sedikit tenang dari hal-hal yang menekan atau membuat kamu stres. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro