Ilustrasi rambut rontok/Freepik
Health

21 Tips Mencegah Rambut Rontok dengan Cepat

Redaksi
Jumat, 1 September 2023 - 03:35
Bagikan

11. Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat digunakan untuk mengkondisikan rambut secara mendalam, melindunginya dari kekeringan dan kerusakan. Minyak zaitun juga merupakan bahan utama dalam diet Mediterania, yang dapat membantu memperlambat kerontokan rambut secara genetik.

Pertimbangkan untuk mengoleskan beberapa sendok makan minyak zaitun langsung ke rambut dan diamkan selama 30 menit sebelum dicuci. 

12. Gunakan Penataan yang Lembut 

Hindari kepang ketat atau kuncir kuda yang dapat menarik rambut hingga ke akarnya dan berpotensi menyebabkan kerontokan berlebihan.

Saat melakukannya, biarkan rambut mengering agar tidak mengiritasi kulit kepala. Jika bisa, hindari alat penata rambut yang menggunakan panas, seperti alat pengeriting rambut atau pelurus rambut, yang juga dapat merusak atau mematahkan batang rambut. 

13. Hindari Pengolahan Rambut Berlebihan 

Perawatan kimiawi seperti pengeritingan atau pewarnaan rambut, juga dapat merusak rambut dan kulit kepala. Tanyakan kepada penata rambut tentang alternatif lain, seperti pewarna rambut organik dan pewarna rambut lainnya yang tidak mengandung amonia, peroksida, atau para-phenylenediamine (PPD).

14. Penggunaan Laser Therapy

Laser tingkat rendah dapat membantu meningkatkan kepadatan rambut bagi orang-orang dengan kerontokan rambut genetik dan kerontokan akibat kemoterapi. Pilihan ini juga disebut terapi lampu merah dan mungkin bekerja dengan menstimulasi sel induk epidermis.

15. Penggunaan Plasma Kaya Trombosit

Menyuntikkan plasma kaya trombosit (PRP) ke kulit kepala membantu merangsang pertumbuhan di area yang terkena dampak kerontokan rambut. Darah dialirkan melalui mesin centrifuge untuk memisahkan trombosit dan kemudian disuntikkan ke kulit kepala.

16. Menggunakan Minoksidil

Minoksidil atau Rogaine adalah obat yang dikenal dapat membantu mengatasi rambut rontok. Menggunakannya sangat gampang, hanya dengan mengoleskan cairan atau busa ke kulit kepala setiap hari.

Namun efek sampingnya adalah iritasi kulit kepala dan jerawat di tempat aplikasi serta efek samping yang lebih jarang termasuk detak jantung tidak teratur dan penglihatan kabur.

17. Finasterida

Atau dikenal sebagai Propecia , pil resep inimungkin membantuSumber Tepercayamemperlambat kerontokan rambut dan bahkan mendorong pertumbuhan baru.

Anda mungkin perlu menggunakan obat tersebut selama 12 bulan untuk melihat hasilnya. Ini juga memiliki berbagai efek samping, termasuk hilangnya libido dan disfungsi ereksi.

Orang yang sedang atau mungkin hamil harus menghindari obat ini.

18. Fenilefrin

Penataan rambut dengan merangsang otot folikel berkontraksi membuat kamu lebih sulit untuk mencabut rambut.

Sayangnya, fenilefrin topikal belum tersedia untuk umum. Para ilmuwan telah mengembangkan formula khusus yang disebut AB‐102 tetapi belum dirilis.

19. Minyak Atsiri

Minyak atsiri dapat membantu mengurangi kerontokan rambut. Sumber terpercaya tahun 2020 mencatat bahwa berbagai minyak esensial, termasuk minyak kamomil, minyak thyme, minyak pohon te dapat memperbaiki kondisi seperti alopecia areata, androgenetic alopecia dan psoriatic alopecia.

Namun pastikan untuk menguji minyak esensial apa pun sebelum mencoba cara di atas. Ada kemungkinan alergi terhadap minyak esensial .

20. Jus Bawang Bombay

Orang dengan alopecia areata mungkin melihat pertumbuhan kembali setelah mengoleskan jus bawang merah ke kulit kepala mereka dua kali sehari.

Meskipun penelitian mengenai pengobatan ini terbatas, jus ini tampaknya hampir meningkatkan pertumbuhan 87%. Dalam studi kecil tahun 2014. Para ilmuwan percaya bahwa sifat menumbuhkan rambut mungkin ada hubungannya dengan kandungan sulfur dalam bawang bombay.

21. Lakukan Yoga

Rambut rontok yang disebabkan oleh stres mungkin merespons yoga dengan baik. Kamu bisa lakukan yoga untuk merendahkan stres. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro