Rambut rontok/klikdokter
Health

11 Cara Mudah Membuat Rambut Lebih Tebal

Novita Sari Simamora
Kamis, 20 Juli 2023 - 16:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda yang memiliki rambut tipis, maka cobalah tips di bawah ini, untuk mendapatkan rambut lebih tebal dan lebat.

Dilansir dari IPSY, Kamis (20/7/2023), rambut yang tipis bisa semakin tebal, bila mendapatkan perawatan yang tepat dan sampo yang pas. Selain itu, mengikat rambut dengan karet gelang, bisa merusak kutikula kulit kepala.

Simak 11 cara mendapatkan rambut lebih tebal:

1. Gunakan sampo penambah volume

Shampo penambah volume akan membantu menggemukkan dan membengkak kutikula rambut untuk menciptakan kesan dan tampilan rambut yang lebih bervolume. Sampo penambah volume dan sampo penebal keduanya dapat membantu membuat rambut terlihat lebih lebat. Apapun yang Anda pilih, jangan lupa carilah formula yang bebas sulfat.

Sampo penebal berfokus untuk menebalkan tiap helai rambut, sedangkan sampo penambah volume lebih berfokus pada akar. Sampo penebal bekerja dengan memasukkan protein, vitamin, polimer, dan/atau kelembapan ke dalam rambut yang membuat setiap helai rambut tampak lebih tebal. Ini sangat ideal untuk meningkatkan ketebalan pada jenis rambut halus.

2. Sampo penebalan rambut

Setelah Anda menggunakan sampo khusus saat mandi, gandakan misi Anda untuk mendapatkan rambut yang lebat dengan juga menggunakan produk penebalan rambut seperti krim tekstur, semprotan tekstur, dan tonik penebalan.

Perhatikan bahan-bahan yang terkandung di dalam sampo. Peneliti menyarankan untuk memilih produk yang bebas dari alkohol seperti etanol, alkohol SD, alkohol propil, atau alkohol isopropil.

Sebaliknya, cari produk penambah volume yang mengandung protein oat terhidrolisis dan alkohol berlemak seperti cetyl atau cetaryl. Anda juga harus menghindari produk yang mengandung silikon buatan manusia karena membuat rambut menjadi berat.

3. Konsumsi makanan bergizi

Salah satu cara mudah yang direkomendasikan ahli trikologi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Carilah makanan yang tinggi asam lemak, protein, dan vitamin A, B, C, dan E yang sangat efektif bagi mereka yang secara aktif mengalami kerontokan rambut.

4. Eksfoliasi kulit kepala Anda.

Jika Anda melakukan semua hal dengan benar dan rambut Anda masih terlihat belum tebal dan lebat, maka kulit kepala Anda bisa menjadi masalahnya.

Penumpukan produk, sampo, kondisioner, dan minyak dapat membuat penumpukan di kulit kepala bermasalah, untuk menghilangkan produk maka bersihkan dengan rutin. Lakukan eksfoliasi adalah cara mudah untuk memberikan daya angkat alami pada setiap helai rambut.

5. Jauhi alat panas sebanyak mungkin

Alat pengering rambut, alat pengeriting rambut, dan pelurus rambut dapat membuat rambut tampak lebih penuh, tetapi jika Anda menggunakan alat panas setiap hari, itu bisa berbahaya bagi rambut.

Alat pengering rambut dengan suhu panas diketahui menyebabkan kerusakan — musuh dari rambut tebal dan penuh. Dengan rambut yang lebih pendek untuk membentuk tubuh, akan lebih sulit untuk menciptakan volume.

Jika Anda tidak bisa pergi tanpa alat panas, ingatlah untuk selalu menggunakan pengaturan panas terendah yang cocok untuk rambut Anda dan selalu gunakan semprotan pelindung panas. 

6. Cuci rambut di pagi hari

Rambut membutuhkan kelembapan dan nutrisi setiap pagi. Maka cucilah rambut dengan  menggunakan kondisioner. Rambut akan terlihat lebih penuh dan tebal setelah penataan pagi daripada setelah tidur malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro