Ilustrasi rambut rontok/Freepik
Health

Konsumsi 5 Buah Pencegah Rambut Rontok

Redaksi
Rabu, 23 Agustus 2023 - 10:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Rambut rontok merupakan salah satu masalah yang dialami kebanyakan orang. Umumnya, setiap orang akan kehilangan rambut kurang lebih 50 hingga 100 helai per harinya. 

Namun, jika terjadi secara berlebihan dan tidak wajar, kerontokan pada rambut di kepala bisa menyebabkan kebotakan. 

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membantu mencegah kerontokan rambut yang tidak wajar adalah mengonsumsi makanan sehat, salah satunya buah. 

Meskipun tidak ada satu makanan pun yang dapat menjamin pencegahan kerontokan rambut dengan sendirinya, menjaga pola makan yang seimbang dan kaya nutrisi dapat berkontribusi pada pertumbuhan rambut yang sehat.

Simak 5 buah yang mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan untuk cegah rambut rontok;

1. Buah beri

Buah beri seperti stroberi, blueberry, dan raspberry kaya akan antioksidan seperti vitamin C, yang dapat membantu melindungi folikel rambut dari kerusakan akibat radikal bebas.

Vitamin C juga membantu produksi kolagen, yang berguna untuk struktur dan kekuatan rambut.


2. Buah jeruk

Salah satu penyebab kerontokan rambut adalah kekurangan zat besi. Buah jeruk, jeruk bali, dan lemon adalah sumber vitamin C yang sangat baik, yang berguna untuk membantu penyerapan zat besi, mineral penting untuk pertumbuhan rambut.


3. Pisang

Pisang adalah salah satu sumber potasium yang baik, yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dengan meningkatkan sirkulasi dan mendorong pertumbuhan rambut.

Buah pisang juga mengandung vitamin A, yang dapat membantu kulit kepala memproduksi sebum atau minyak alami untuk menjaga rambut tetap lembab. 


4. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat, terutama lemak tak jenuh tunggal, yang berkontribusi pada kesehatan kulit dan kulit kepala secara keseluruhan.

Selain itu, alpukat mengandung vitamin E, antioksidan yang mendukung sirkulasi darah ke kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

5. Pepaya

Pepaya sarat akan vitamin A dan vitamin C, keduanya memainkan peran penting dalam kesehatan rambut.

Vitamin A membantu memproduksi sebum, sementara vitamin C membantu pembentukan kolagen, memperkuat helai rambut, dan mencegah kerusakan rambut. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro