Kenakan baju tebal saat mendaki gunung/mumseword.com
Travel

Perhatikan Hal ini Sebelum Bawa Anak Liburan Naik Gunung

Mutiara Nabila
Selasa, 5 September 2023 - 18:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagai orang tua, terutama yang baru mempunyai anak, pasti ingin mengenalkan hal-hal yang baru kepada anak, termasuk hobi favorit orang tua.

Hobi mendaki gunung misalnya, jadi salah satu yang banyak digemari. Jika mengajak anak, mendaki gunung bisa menjadi ajang eksplorasi dan mengenal alam untuk anak usia dini.

Mengenalkan alam kepada anak juga memiliki banyak manfaat selain membantu anak menjadi lebih berani bereksplorasi, dia akan memiliki kesadaran untuk peduli terhadap lingkungan. 

Selain itu, di udara pegunungan yang sejuk bisa membantu anak lebih tenang lebih sehat dengan menghirup udara yang bersih. 

Tidak perlu menunggu anak besar untuk bisa mendaki gunung bersama. Namun, memang banyak hal yang harus dipersiapkan dan ketahuilah bahwa prosesnya tidak akan semudah jika mendaki gunung sendiri. 

Melansir Rei.com, jika orang tua sudah biasa naik gunung, pasti sudah tahu apa saja yang harus dipersiapkan untuk diri sendiri.

Nah, berikut ini beberapa tips untuk mempersiapkan diri mendaki gunung bersama anak:

1. Pastikan anak tetap kering, hangat, dan dalam keadaan kenyang. 

Pergi naik gunung sudah pasti akan menemui medan yang basah, lembab, dingin dan akan menempuh perjalanan yang panjang dan lama. Oleh karena itu, pastikan anak hangat, kering, dan kenyang agar nyaman selama perjalanan dan tidak rewel. 

2. Pastikan terhidrasi dengan minum air yang cukup. 

Selain mencegah anak agar jangan sampai lapar, cegah juga agar tidak dehidrasi dengan membawa bekal air yang cukup. Bawa botol dengan gambar kesukaan anak supaya lebih senang minum air di perjalanan. Air juga penting untuk mendinginkan tubuh ketika sudah mulai kelelahan dan berkeringat. 

3. Cek kembali daftar peralatan dan perlengkapan yang diperlukan keluarga

Cek kembali semua barang yang ingin dibawa, selain peralatan mendaki yang wajib, pastikan camilan favorit anak untuk di perjalanan tak ketinggalan. 

4. Perhatikan ramalan cuaca

Sebelum mendaki gunung ada baiknya memperhatikan ramalan cuaca untuk memastikan perjalanan jadi nyaman, aman, dan tidak membawa pengalaman buruk bagi anak. Oleh karena itu, baiknya tetap bawa pula perlengkapan untuk melindungi diri dari cuaca buruk meskipun cuaca masih cerah sebelum mendaki gunung. 

5. Lakukan pendakian gunung secara bertahap

Jika sudah sering naik gunung, pasti ingin membawa anak naik ke gunung yang paling indah atau dengan jalur paling ekstrem sekalipun. Namun, sebaiknya awali pendakian bersama anak di jalur yang mudah terlebih dahulu, atau bisa memulai dengan mendaki bukit. Nantinya, secara bertahap anak akan terbiasa hingga bisa diajak mendaki gunung yang sulit sekalipun. 

Selain terkait dengan perlengkapan dan kondisi di medan pendakian, jangan lupa juga untuk mengonsultasikan rencana perjalanan ke dokter anak.

Sebelum membawa anak naik gunung bersama, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis anak untuk menilai kesiapan anak, terutama jika masih balita, apakah sudah siap pergi ke tempat yang memiliki suhu dan cuaca ekstrem serta perbedaan tekanan udara. 

Jika berencana mengajak anak dalam perjalanan naik gunung, pastikan bayi sudah berusia di atas 3 bulan dan tidak memiliki masalah kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro