Penyakit meniere
Health

Kenali Apa Itu Penyakit Meniere, yang Bisa Bikin Penderitanya Mendadak Pingsan

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 7 September 2023 - 11:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jacky Cheung, penyanyi terkenal Hong Kong, beberapa waktu lalu didiagnosa mengalami penyakit Meniere.

Dia pingsan di atas panggung karena pusing yang mirip dengan vertigo.

Mungkin Anda bertanya apa itu penyakit Meniere, karena masih awam didengar.

Dilansir dari Times of India, penyakit Meniere, suatu kondisi membingungkan yang mempengaruhi telinga bagian dalam, menimbulkan serangkaian gejala yang menyusahkan seperti vertigo, gangguan pendengaran, tinitus, dan telinga terasa penuh.

Gangguan kronis ini, dinamai berdasarkan nama dokter Perancis Prosper Meniere, sangat berdampak pada kualitas hidup seseorang.

Penyakit Meniere melibatkan akumulasi cairan abnormal di telinga bagian dalam, mengganggu keseimbangan dan memicu gejala yang dapat dikenali.

Gejala utama penyakit Meniere​

Vertigo adalah gejala utama penyakit ini. Episode vertigo, sensasi berputar yang luar biasa, dapat melumpuhkan seseorang. Kondisi ini, yang sering kali disertai dengan “serangan terjatuh”, membuat korban rentan terhadap terjatuh yang tidak terduga.

Gangguan pendengaran, akibat umum dari penyakit Meniere, dapat berkisar dari sementara selama episode hingga progresif dan permanen.

Gangguan ini biasanya mempengaruhi suara berfrekuensi rendah pada awalnya. Ciri khas penyakit Meniere, tinitus bermanifestasi sebagai suara dering, desis, atau menderu yang terus-menerus, sehingga sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Keluhan umum di antara penderitanya, sensasi penuh atau tertekan di telinga dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan berkontribusi terhadap ketidaknyamanan keseluruhan yang terkait dengan kondisi tersebut.

Komplikasi 

Dua komplikasi paling umum yang terkait dengan penyakit Meniere adalah serangan vertigo yang tidak terduga dan hilangnya kemampuan pendengaran dalam jangka panjang, kata MayoClinic.

“Penyakit ini bisa terjadi kapan saja. Hal ini dapat menimbulkan kekhawatiran dan stres. Vertigo dapat menyebabkan Anda kehilangan keseimbangan. Hal ini dapat meningkatkan risiko jatuh dan kecelakaan,” tambahnya.

Bila merasa pusing disarankan untuk duduk atau berbaring. “Hindari hal-hal yang dapat memperburuk gejala Anda, seperti gerakan tiba-tiba, cahaya terang, menonton televisi atau membaca. Cobalah untuk fokus pada objek yang tidak bergerak,” kata MayoClinic, dan menyarankan untuk tidak segera kembali bekerja normal. Beristirahat sejenak membantu otak menyesuaikan sinyal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro