Ilustrasi/Jacobifruits
Health

Jangan Langsung Dibuang, Ini 10 Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan

Redaksi
Senin, 11 September 2023 - 10:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pepaya adalah salah satu buah yang mudah ditemukan di negara-negara tropis seperti Indonesia.

Selain rasanya yang lezat, buah ini banyak digemari karena kandungan nutrisinya yang luar biasa. Namun, kebanyakan orang hanya mengonsumsi buah pepaya dan membuang bijinya. Padahal biji pepaya menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Biji pepaya dapat dimakan dan mengandung serat, asam lemak sehat, serta senyawa bermanfaat lainnya, termasuk polifenol dan flavonoid.

Adapun cara yang benar untuk mengonsumsi biji pepaya adalah dengan mengeringkannya dan menggilingnya menjadi bubuk. Anda bisa menaburkan bubuk tersebut pada makanan seperti smoothie, salad, atau hidangan lainnya.

Melansir beberapa sumber, Senin (11/9/2023), ini 10 manfaat biji pepaya untuk kesehatan:

1. Melancarkan pencernaan

Sama seperti buahnya, biji pepaya kaya akan serat sehingga dapat membantu pencernaan dan mendorong pergerakan usus secara teratur serta mencegah sembelit.

Kandungan seratnya membantu mengatur sistem pencernaan, meningkatkan kesehatan usus secara keseluruhan dan baik untuk penderita wasir atau lansia yang mengalami kesulitan buang air besar secara teratur.

2. Menjaga berat badan

Biji pepaya dapat membantu menjaga berat badan karena kandungan seratnya yang tinggi. Kandungan serat yang tinggi pada biji pepaya dapat membantu mengatur sistem pencernaan, meningkatkan rasa kenyang, dan mendukung upaya penurunan berat badan.

  1. Detoksifikasi hati

Biji pepaya mengandung senyawa bioaktif yang mendukung proses detoksifikasi hati. Senyawa itu dapat membantu menghilangkan racun dari tubuh, meningkatkan kesehatan hati, dan meningkatkan fungsinya secara keseluruhan.

Selain itu, detoksifikasi biji pepaya juga bermanfaat untuk menjaga resistensi insulin yang berguna untuk mendukung kesehatan kulit.

Baca Juga : Manfaat Konsumsi Pepaya saat Perut Kosong, Salah Satunya Bikin Awet Muda

4. Sifat antimikroba

Enzim seperti papain dan karpain dalam biji pepaya memberikan sifat antibakteri dan antijamur alami. Mengonsumsi biji ini dapat membantu memerangi patogen berbahaya dan mengurangi risiko infeksi. Prosesnya mungkin akan memakan waktu, tetapi efek keseluruhannya patut dicoba.

5. Membersihkan parasit usus

Biji pepaya dengan madu secara tradisional telah digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati parasit usus. Biji pepaya mengandung enzim yang disebut caricin, yang dapat membantu mengeluarkan parasit dari sistem pencernaan.

6. Anti-inflamasi

Biji pepaya mengandung senyawa yang berpotensi sebagai anti-inflamasi. Konsumsi secara teratur dapat membantu mengurangi peradangan atau meringankan gejala yang terkait dengan kondisi peradangan.

7. Antioksidan

Biji pepaya kaya akan antioksidan, seperti senyawa fenolik, yang memerangi stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Antioksidan ini membantu melindungi sel dari kerusakan, mengurangi peradangan, dan mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Penelitian juga menunjukkan bahwa antioksidan dapat membantu proses oksidatif dalam sistem untuk menunda proses penuaan tubuh.

Baca Juga : Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan, Bisa Jadi Obat Kanker

8. Perawatan rambut

Minyak biji pepaya dapat bermanfaat untuk kesehatan rambut karena dapat membantu menyehatkan kulit kepala. Manfaat kesehatan dari biji pepaya untuk pertumbuhan rambut termasuk meningkatkan kekuatan dan tekstur helai rambut.

9. Dukungan kardiovaskular

Kandungan serat dalam biji pepaya dan lemak sehat serta sifat antioksidannya dapat berkontribusi pada kesehatan jantung dan memerangi penyakit jantung.

Konsumsi secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, mengurangi tekanan darah, dan mendukung sistem kardiovaskular yang sehat.

10. Meningkatkan imun

Antioksidan, vitamin, dan mineral dari biji pepaya dapat mendukung sistem kekebalan tubuh yang kuat. Kandungan tersebut dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi, bakteri jahat, virus, dan penyakit lainnya. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro