Pekerja melintas di dekat deretan bus TransJakarta di Jakarta, Sabtu (27/8/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Health

Tips Aman Naik Transportasi Umum agar Tidak Tertular Infeksi

Mia Chitra Dinisari
Senin, 18 September 2023 - 15:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Transportasi umum di Jakarta kini tengah digalakkan penggunaannya untuk mengurangi dampak buruk polusi udara yang kian tinggi.

Tapi, bepergian dengan menggunakan transportas umum ini juga berisiko karena merupakan tempat berkembang biaknya kuman dan infeksi, terutama di daerah padat penduduk.

Karena itu, bagi Anda pengguna transportasi umum sangatlah penting untuk mengambil tindakan pencegahan saat menggunakan layanannnya.

Berikut tips aman dari infeksi saat menggunakan layanan transportasi umum.

​1. Kenakan masker setiap kali Anda masuk ke dalam bus atau metro yang penuh sesak

Mengenakan masker merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengurangi penularan infeksi saluran pernapasan. Ini membantu menahan tetesan pernapasan dan melindungi Anda dari menghirup udara yang berpotensi terkontaminasi. Pastikan masker Anda menutupi hidung dan mulut Anda dengan aman dan gantilah jika masker menjadi lembap atau kotor selama perjalanan.

2. ​Menjaga jarak fisik​

Jika memungkinkan, jaga jarak aman dari penumpang lain. Banyak sistem transportasi umum telah menetapkan pengaturan tempat duduk atau penanda lantai untuk membantu hal ini. Menjaga jarak setidaknya enam kaki dari orang lain dapat secara signifikan mengurangi risiko penularan melalui udara.

3. Gunakan pembersih tangan

Bawalah sebotol kecil pembersih tangan dan sering-seringlah menggunakannya. Oleskan pembersih ke tangan Anda setelah menyentuh permukaan seperti pegangan tangan, gagang pintu, atau mesin tiket. Biasakan untuk membersihkan tangan sebelum menyentuh wajah, terutama mata, hidung, dan mulut.

4. Hindari menyentuh wajah atau mulut Anda

Menyentuh wajah Anda dengan tangan yang belum dicuci adalah cara umum untuk memasukkan kuman ke dalam tubuh Anda. Waspadai kebiasaan ini, dan tahan keinginan untuk menyentuh wajah selama perjalanan. Jika Anda perlu menggaruk bagian yang gatal atau menyesuaikan masker, gunakan tisu atau bagian dalam siku Anda.

5. Hindari makan atau minum di bus atau metro

Meskipun Anda tergoda untuk mengambil makanan ringan atau minuman selama perjalanan, hal tersebut dapat meningkatkan peluang Anda terkena infeksi. Makan atau minum di ruang terbatas seperti transportasi umum mungkin mengharuskan Anda melepas masker, sehingga Anda dapat menghadapi potensi risiko. Yang terbaik adalah menunggu sampai Anda mencapai tujuan Anda.

6. Pilih pembayaran nirsentuh

Jika memungkinkan, pilihlah metode pembayaran nirsentuh seperti aplikasi seluler atau kartu prabayar. Hal ini meminimalkan kebutuhan untuk menangani uang tunai, tiket, atau terminal pembayaran sentuh, yang dapat menampung kuman.

7. Kenakan sarung tangan


Jika Anda sangat khawatir mengenai kontak dengan permukaan, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan sarung tangan sekali pakai. Namun berhati-hatilah dalam menggunakannya, karena melepas sarung tangan secara tidak benar juga dapat menyebabkan kontaminasi. Buang dengan benar setelah digunakan dan segera bersihkan tangan Anda.

8. Bersihkan barang-barang pribadi Anda

Bersihkan dan disinfeksi secara teratur barang-barang yang Anda bawa di transportasi umum, seperti ponsel, dompet, atau tas. Barang-barang ini dapat membawa kuman dari permukaan dan berkontribusi terhadap risiko infeksi.

9. Jangan bepergian dengan transportasi umum jika Anda tidak sehat

Jika Anda merasa tidak enak badan, mengalami gejala penyakit, atau pernah melakukan kontak dekat dengan seseorang yang positif mengidap penyakit menular, sebaiknya hindari penggunaan transportasi umum sama sekali. Tetap di rumah, dapatkan nasihat medis, dan pertimbangkan pilihan transportasi alternatif jika perlu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro