Ilustrasi virus Nipah./ Dok Hindustan Times
Health

Sejarah Munculnya Virus Nipah, Ternyata Sudah Ada Sejak 1998

Redaksi
Senin, 18 September 2023 - 22:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dua hari lalu, tepatnya Sabtu (16/9/23), kasus wabah virus Nipah di Kerala, India, menjadi buah bibir masyarakat lokal maupun interlokal. Ini membuat masyarakat menjadi khawatir mengenai penyebaran virus.

Dilansir dari Times of India, awalnya ada dua kasus virus Nipah. Lalu, hingga Sabtu, ada enam kasus virus Nipah ini. Walaupun tidak ada sampel positif lagi, orang-orang yang kontak langsung dengan pasien diisolasi untuk menghindari hal-hal buruk. 

Menteri Kesehatan Veena George mengatakan bahwa 42 sampel lagi dinyatakan negatif virus Nipah. Termasuk sampel 23 orang yang masuk dalam daftar kontak berisiko tinggi.

Walaupun demikian, pemerintah distrik menginformasikan bahwa semua institusi pendidikan di distrik Kozhikode akan beralih ke kelas online mulai 18 September hingga ada perintah lebih lanjut. Kolektor Distrik Kozhikode A Geetha telah mengeluarkan perintah sehubungan dengan hal ini yang menyatakan bahwa pengaturan baru telah diperkenalkan untuk memastikan bahwa siswa tidak ketinggalan studi karena izin terus menerus. 

Dilansir dari situs WHO, virus Nipah (NiV) merupakan virus zoonosis. Virus ini ditularkan dari hewan ke manusia dan juga dapat ditularkan melalui makanan yang terkontaminasi atau langsung antar manusia. Pada orang yang terinfeksi, penyakit ini menyebabkan berbagai penyakit mulai dari infeksi tanpa gejala (subklinis) hingga penyakit pernapasan akut dan ensefalitis yang fatal.

Menurut Infeksi Emerging Kemkes, virus ini pertama kali diidentifikasi berdasarkan laporan wabah yang terjadi pada peternak babi di sebuah desa di Sungai Nipah, Malaysia, pada tahun 1998-1999 yang berdampak hingga Singapura.

Sejak 1998 hingga saat ini, telah dilaporkan sebanyak 700 kasus pada manusia dengan 407 kematian di 5 negara (Malaysia, Singapura, India, Bangladesh, dan Filipina). Sebagian besar kasus (48% atau 336 kasus) dan kematian (58,5% atau 238 kematian) dilaporkan di Bangladesh.

Penyakit ini juga diketahui di Bangladesh pada tahun 2001 dan wabah ini hampir setiap tahun terjadi di negara tersebut sejak saat itu. Penyakit ini juga telah diidentifikasi secara berkala di India bagian timur. Wilayah lain mungkin berisiko tertular karena bukti virus telah ditemukan di reservoir alami yang diketahui (spesies kelelawar Pteropus) dan beberapa spesies kelelawar lainnya di sejumlah negara, termasuk Kamboja, Ghana, Indonesia, Madagaskar, Filipina, dan Thailand.

Dilansir dari Cleveland Clinic, virus Nipah bisa mematikan bagi manusia. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, kematian dapat terjadi pada 40% hingga 75% dari seluruh kasus. Hal ini bergantung pada seberapa baik pejabat kesehatan dapat menangani wabah ini.

Gejala penyakit virus Nipah yang perlu diperhatikan agar Anda bisa menanganinya sedini mungkin:

- Demam

- Sakit kepala

- Kesulitan bernapas

- Batuk dan sakit tenggorokan

- Diare

- Muntah

- Nyeri otot dan kelemahan parah


Gejala biasanya dimulai dalam waktu empat hingga 14 hari setelah terpapar virus. Biasanya orang akan mengalami demam atau sakit kepala terlebih dahulu dan kemudian mengalami masalah pernapasan seperti batuk dan kesulitan bernapas. Dalam kasus yang parah, seseorang dapat mengalami infeksi otak (ensefalitis) yang dapat mengancam nyawa. Gejala parah lainnya adalah sebagai berikut.

- Kebingungan dan disorientasi

- Ucapan tidak jelas

- Kejang

- Koma 

- Gangguan pernapasan (Salma Permata Dewi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro