Ilustrasi Virus Nipah
Health

India Berlakukan Lockdown karena Virus Nipah, Akankah Jadi Pandemi Baru?

Restu Wahyuning Asih
Sabtu, 16 September 2023 - 09:38
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - India dihantui dengan penyebaran Virus Nipah, yang baru-baru ini membuat dua warganya meninggal dunia.

Dikutip dari Reuters, korban pertama meninggal pada Akhir Agustus 2023. Kemudian satu korban lain meninggal pada bulan ini.

Virus ini juga menyebabkan beberapa warga lainnya di rawat di rumah sakit. Setidaknya 700 lebih orang di distrik Kozhikode telah dilakukan tes untuk mendeteksi penyebaran virus.

Merebaknya virus ini kemudian membuat Pemerintah India melakukan lockdown dengan menutup sejumlah sekolah dan kantor.

"Kami fokus pada pelacakan kontak orang-orang yang terinfeksi sejak dini dan mengisolasi siapa pun yang memiliki gejala. Pergerakan masyarakat telah dibatasi di beberapa bagian negara bagian untuk mengatasi krisis medis," kata Menteri Kesehatan Kerala, Veena George, dilansir dari Aljazeera.

Sebelumnya, virus ini sudah terdeteksi pada 2018 di wilayah Kerala yang membuat hampir 20-an orang dinyatakan meninggal dunia.

Kini India kembali dihantui oleh penyebaran Virus Nipah, di mana pemerintah telah melakukan pemeriksaan terhadap 130 orang yang mengalami gejala.

Merebaknya penyakit di India ini kemudian membuat dunia khawatir, apakah akan ada pandemi baru yang lebih berbahaya.

Apa itu Virus Nipah?

Virus Nipah sendiri merupakan virus zoonotik, di mana penyakit bermula dari hewan dan ditularkan ke manusia. Penyakit ini menular melalui makanan dan kontak antarmanusia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatatkan bahwa Virus Nipah mulai terdeteksi pada 1999, di mana saat itu terjadi wabah yang menyerang para peternak babi.

Kemudian virus mulai menjangkit warga Bangladesh pada 2001. Sejak itu, wabah ini hampir setiap tahun menyerang negara setempat.

Virus ini pun teridentifikasi di India, negara yang dekat dengan Bangladesh. Inang penyakit ini pun ditemukan di negara-negara Asia lain seperti Kamboja, Indonesia, Filipina, dan Thailand.

Inang alami virus Nipah adalah kelelawar buah yang berasal dari famili Pteropodidae.

Gejala dan Bahaya Virus Nipah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro