Puncak Punta Rocca terlihat setelah bagian dari gletser Marmolada runtuh di Pegunungan Alpen Italia, Senin (4/7/2022). Glester tersebut runtuh di tengah rekor suhu dan menewaskan sedikitnya enam orang. REUTERS
Travel

10 Negara dengan Situs Warisan Dunia UNESCO Terbanyak

Redaksi
Senin, 18 September 2023 - 11:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Dunia kini memiliki 1.157 Situs Warisan Dunia, bertambah dari 1.121 situs pada 2020. Tempat-tempat ini tersebar luas di berbagai negara di seluruh dunia.

Italia memimpin dengan 58 situs yang luar biasa, sebuah bukti sejarahnya yang mewah dan warisan artistiknya yang mendalam. Disusul dengan China, Jerman, Prancis, India, dan negara lainnya.

Melansir laman The Travel, Senin (18/9/2023), berikut adalah 10 negara dengan situs warisan dunia UNESCO terbanyak.

1. Italia

Italia memiliki 58 Situs Warisan Dunia UNESCO, jumlah ini menjadikan Italia berada di urutan pertama di antara negara-negara lain di seluruh dunia.

Situs-situ ini termasuk destinasi ikonik seperti Piazza del Duomo di Florence, pusat-pusat bersejarah di Roma dan Venesia, dan pegunungan Dolomites yang menakjubkan.

2. China

China memiliki warisan yang kaya dengan 56 Situs Warisan Dunia UNESCO. Salah satu situs ini adalah terasering Sawah Honghe Hani di Yunnan Selatan mencakup 16.603 hektar yang menakjubkan dan telah dibudidayakan oleh suku Hani selama lebih dari 1.300 tahun, menciptakan pemandangan yang memukau saat kabut menyelimuti kolam-kolam yang berlapis-lapis.

Jaringan Jalur Sutra yang membentang sepanjang 5.000 kilometer dan memiliki sejarah hampir dua ribu tahun, merupakan situs lain yang luar biasa. Qufu melestarikan kuil, pemakaman, dan rumah keluarga Konfusius, juga menawarkan wawasan mendalam tentang filosofi dan budaya Tiongkok.

3. Jerman

Kekayaan budaya Jerman meliputi 51 Situs Warisan Dunia UNESCO, termasuk situs Sekolah Bauhaus yang berpengaruh di Weimar dan Dessau.

Katedral Köln yang indah, mahakarya Gotik yang luar biasa dengan masa pembangunan 632 tahun, menambah kekayaan warisan negara ini.

Bergpark Wilhelmshöhe di Kassel memiliki monumen Hercules dan fitur air yang menawan. Laut Wadden, yang membentang di Laut Utara, merupakan sistem dataran pasir dan lumpur intertidal terbesar di dunia yang tidak terputus dan merupakan rumah bagi beragam kehidupan laut.

4. Spanyol

Situs Warisan Dunia UNESCO di Spanyol mencakup kreasi arsitektur luar biasa dari Antoni Gaudi, tidak hanya di Barcelona tetapi juga di situs ziarah terkenal Santiago de Compostela dan lanskap ngarai Mont Perdu di Pyrénées.

Puncak gunung Las Médulas yang terpencil, yang dulunya merupakan tempat penambangan emas Romawi, memberikan perspektif sejarah yang unik.

Ibiza memiliki status UNESCO untuk ekosistem laut dan pantainya yang luar biasa. Ekosistem ini mendukung keanekaragaman kehidupan laut yang kaya, termasuk padang lamun Mediterania.

5. Prancis

Prancis memiliki hampir 50 Situs Warisan Dunia UNESCO. Sementara, Paris menawarkan situs-situs terkenal seperti tepi Sungai Seine dan Katedral Notre-Dame.

Cagar alam Teluk Porto, bagian dari Corsica's Regional Natural Park, menampilkan semak belukar yang luar biasa dan perairan murni yang penuh dengan kehidupan laut, yang menarik perhatian burung camar, burung kormoran, dan elang laut.

6. India

India merupakan rumah bagi koleksi 40 Situs Warisan Dunia UNESCO yang luar biasa, dengan salah satu yang paling ikonik adalah Taj Mahal di Agra. Mausoleum marmer gading yang megah ini bahkan diakui sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia yang modern.

Tepat di sebelahnya, kita dapat menemukan Benteng Merah Agra yang bersejarah, yang juga termasuk dalam daftar kekayaan budaya UNESCO.

Daftar UNESCO India tidak hanya berhenti pada keajaiban budaya, daftar ini juga mencakup 32 situs budaya dan tujuh situs alam. Di antara keajaiban alam ini adalah hutan belantara yang luas dan belum terjamah di Taman Nasional Kaziranga di Assam.

7. Meksiko

Permadani budaya Meksiko sangat kaya dan bertingkat, dengan warisan yang membentang sepanjang sejarah. Negara ini memiliki 35 Situs Warisan Dunia UNESCO yang mengagumkan, sebuah bukti akan kedalaman dan keanekaragaman kekayaan budayanya yang luar biasa.

Masing-masing situs ini adalah permata di mahkota kemanusiaan, yang melestarikan gema peradaban di masa lalu. Namun, di luar peninggalan yang berwujud ini, Meksiko juga menghargai tradisi yang hidup, dengan 9 adat istiadat dan perayaan yang mendapat tempat di antara jajaran Warisan Budaya Takbenda yang terhormat.

8. Inggris

Inggris memiliki 33 Situs Warisan Dunia UNESCO yang mengesankan, masing-masing berkontribusi pada permadani sejarah yang beragam yang membentang di berbagai wilayahnya.

Dari padang rumput berbatu di Skotlandia hingga perbukitan di Inggris, lanskap dramatis di Wales, dan tenggara bersejarah di Irlandia Utara, situs-situs UNESCO di Inggris mampu untuk memikat pengunjung. Hal inilah yang menjadi keunikan situs-situs di negara ini.

9. Rusia

Rusia berada di posisi ke-9 di dunia dengan total 29 Situs Warisan Dunia UNESCO. Di dalam perbatasannya yang luas, dapat ditemukan beragam lanskap yang menampilkan hutan rimbun, gunung yang menjulang tinggi, gunung berapi aktif, dan danau yang masih asli.

Hebatnya, Rusia berada di peringkat keempat dunia dalam hal situs UNESCO alami, dengan total 11 situs, di samping 18 situs budaya menawan yang dibentuk oleh sejarahnya yang rumit.

10. Iran

Iran baru-baru ini menempati posisi ke-10 dalam peringkat Situs Warisan Dunia UNESCO. Warisan Iran mencakup total 26 situs, yang terdiri dari 24 kekayaan budaya dan 2 kekayaan alam yang telah diakui di panggung dunia.

Juli 2021 menandai momen penting bagi Iran karena ada dua situs UNESCO baru yang ditambahkan. Jalur Kereta Api Trans-Iran, sebuah keajaiban teknik yang menghubungkan Laut Kaspia di timur laut ke Teluk Persia, mendapatkan tempatnya di Daftar Warisan Dunia UNESCO.

Selain itu, lanskap budaya Hawraman atau Uramanat yang berbatu dan terpencil menjadi bukti budaya tradisional masyarakat Hawrami. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro