Kunyit bermanfaat bagi kesehatan otak, sebab bisa meningkatkan kecerdasan, daya ingat, dan mencegah pikun serta alzheimer./Healthline.com
Health

Cegah Pikun, 10 Makanan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak dan Daya Ingat

Redaksi
Jumat, 22 September 2023 - 17:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Nutrisi dalam makanan penting untuk tubuh, terutama jika terkait dengan kondisi kesehatan otak. Kenali beberapa makanan yang bisa meningkatkan kecerdasan otak, daya ingat, dan juga mencegah pikun bagi lansia.

Dilansir dari Desert News, ada beberapa makanan yang mengandung nutrisi yang penting untuk perkembangan dan fungsi otak, seperti asam lemak omega-3, antioksidan, vitamin, dan mineral. Makanan tersebut juga sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan kecerdasan otak, kemampuan daya ingat, dan mencegah pikun bagi kelompok lanjut usia.

Simak 10 makanan untuk meningkatkan kecerdasan otak:

1. Ikan berlemak

Ikan berlemak atau berminyak seperti tuna, sarden, salmon, dan mackerel merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Nutrisi tersebut digunakan tubuh untuk membangun sel otak dan saraf.

Menurut penelitian, asam lemak omega-3 penting untuk pembelajaran dan memori. Penelitian menemukan bahwa mengonsumsi ikan berlemak dapat membantu memperlambat penurunan kognitif terkait usia dan menangkal demensia. 


2. Kacang kenari

Kacang-kacangan, seperti kenari, adalah sumber lemak sehat yang baik. Sebuah studi pada 2015 dari UCLA menemukan hubungan antara konsumsi kenari dan nilai tes kognitif.

Orang dewasa di Amerika Serikat yang mengonsumsi lebih banyak kenari memiliki nilai ujian yang jauh lebih tinggi serta peningkatan memori, konsentrasi, dan kecepatan dalam memproses informasi. Namun, kenari bukan satu-satunya kacang yang meningkatkan otak dan daya ingat.

manfaat kacang kenari bagi kecerdasan otak dan daya ingat, cegah pikun
manfaat kacang kenari bagi kecerdasan otak dan daya ingat, cegah pikun


3. Kunyit 

Kunyit mengandung anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat meningkatkan fungsi otak, memori, dan meredakan depresi. Kurkumin, bahan aktif dalam kunyit, bermanfaat bagi sel-sel otak. Kurkumin juga dapat meningkatkan daya ingat pada mereka yang menderita penyakit Alzheimer dan pikun bagi lansia. 


4. Sayuran berdaun gelap

Sayuran berdaun gelap, seperti kangkung dan bayam, bermanfaat bagi kesehatan otak dan dapat membantu memperlambat penurunan kognitif. Satu porsi sayuran hijau gelap setiap hari dapat meningkatkan fungsi kognitif. 

5. Buah beri 

Stroberi, raspberry, dan blueberry kaya akan flavonoid yang diketahui membantu meningkatkan daya ingat dan memperlambat penurunan kognitif terkait usia. Penelitian dari  King's College London  menemukan bahwa segenggam blueberry liar sehari dapat meningkatkan fungsi otak. 


6. Kopi

Dua komponen utama dalam kopi, kafein dan antioksidan, dapat membantu mendukung kesehatan otak. Kafein yang terdapat pada kopi memiliki sejumlah efek positif pada otak, antara lain meningkatkan fokus dan konsentrasi. Minum kopi dalam jangka panjang juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit saraf, seperti Parkinson dan Alzheimer. 

kopi memiliki manfaat penting bagi kesehatan otak
kopi memiliki manfaat penting bagi kesehatan otak


7. Coklat hitam

Cokelat hitam dan bubuk kakao mengandung beberapa senyawa yang meningkatkan fungsi otak, termasuk flavonoid, kafein, dan antioksidan. Menurut sebuah penelitian terhadap lebih dari 900 orang, mereka yang makan coklat lebih sering memiliki kinerja lebih baik dalam serangkaian tugas mental, termasuk beberapa yang melibatkan memori, dibandingkan dengan mereka yang jarang memakannya.


8. Jeruk

Jeruk dan makanan lain yang kaya vitamin C dapat membantu melindungi otak Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. Menurut sebuah penelitian, memiliki kadar vitamin C yang lebih tinggi dalam darah dikaitkan dengan peningkatan tugas yang melibatkan fokus, memori, perhatian, dan kecepatan pengambilan keputusan.

jeruk memiliki manfaat penting bagi kesehatan otak mencegah pikun dan alzaimer bagi lansia
jeruk memiliki manfaat penting bagi kesehatan otak mencegah pikun dan alzaimer bagi lansia


9. Telur

Telur adalah sumber beberapa nutrisi yang terkait dengan kesehatan otak, termasuk vitamin B6 dan B12, folat, dan kolin. Nutrisi-nutrisi tersebut penting untuk mengatur suasana hati dan meningkatkan fungsi dan perkembangan otak.


10. Teh hijau

Teh hijau adalah minuman yang sangat baik untuk mendukung otak. Kandungan kafeinnya meningkatkan kewaspadaan, antioksidannya melindungi otak, dan L-theanine membantu Anda rileks. (Salma Permata Dewi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro