Vinicunca di Peru
Travel

15 Tempat di Bumi yang Mirip Planet Alien

Mia Chitra Dinisari
Senin, 25 September 2023 - 15:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Meskipun kita sering melihat bintang, planet, dan bulan untuk mencari tempat-tempat yang aneh dan fantastis, Bumi ternyata memiliki banyak bentuk yang unik dan menarik.

Bahkan, beberapa di antaranya mirip dan dianggap seperti planet alien atau planet asing yang ada di luar bumi.

Tempat-tempat ini ada yang terbentuk secara alami, ada juga yang buatan manusia.

Berikut 15 tempat di bumi yang mirip planet alien dilansir dari Livescience

1. Fly Geyser, Nevada

Geyser panas bumi buatan manusia ini tercipta secara tidak sengaja. Setelah area tersebut dibor untuk mendapatkan air dan ditutup kembali beberapa kali, Fly Geyser tumbuh dari endapan mineral. Endapan ini bersama dengan alga termofilik menciptakan warna merah dan hijau yang fantastis.

2. Mata Air Prismatik Besar, Yellowstone

Mata air panas terbesar di Yellowstone berdiameter 200-330 kaki (60 hingga 90 meter) dan kedalaman lebih dari 121 kaki (36 m), menurut National Park Service. Pola pelangi liarnya diciptakan oleh ganggang termofilik dan bakteri sepanjang gradasi suhu, dengan air terpanas yang sebenarnya steril dan penyebab warna biru cerah — di tengah mata air.

3. Gunung Pelangi, Peru

Juga dikenal sebagai Vinicunca, atau Gunung Tujuh Warna, Gunung Pelangi ditemukan pada tahun 2015 setelah lapisan salju biasanya mencair. Garis-garis berwarna mawar, emas, mint, dan lavender tercipta dari susunan mineral gunung dan pelapukan seiring waktu.

4. Danakil Depression, Etiopia

Depresi Danakil merupakan akibat dari divergensi tiga lempeng tektonik di bawah Ethiopia bagian utara. Mata air belerang, gunung berapi, geyser, danau, dan kolam menutupi formasi gurun yang menyeramkan ini dengan suhu mencapai lebih dari 122 derajat Fahrenheit (50 Celcius).

5. Danau Hillier, Australia

Pemandangan udara danau merah muda di pulau tengah dikelilingi lautan biru. Sangat kontras dengan fenomena alam yang terjadi di Australia Barat.

Danau Hillier berwarna merah muda Barbie di Australia mendapatkan rona warna permen dari alga, halobakteri, dan mikroba serta memiliki salinitas yang setara dengan Laut Mati.

6. Gua Kristal, Naica, Meksiko

Pilar kristal besar dari gipsum memenuhi gua Gua Kristal yang panas dan lembab. Kristalnya berusia ratusan ribu tahun dan terus tumbuh aktif.

7. Stasiun penelitian kutub Putri Elisabeth, Antartika

Stasiun Princess Elisabeth di Antartika adalah stasiun penelitian kutub tanpa emisi pertama. Menurut International Polar Foundation, pusat ini "mengintegrasikan teknologi bangunan pasif, energi angin dan matahari terbarukan, serta fasilitas pengolahan air," dan didedikasikan untuk memaksimalkan efisiensi energi.

8. Habitat 67, Montreal, Kanada

Dengan misi untuk "menemukan kembali gedung apartemen", arsitek Moshe Safdie menciptakan Habitat 67 pada tahun 1967 di Cité-du-Havre, sebuah semenanjung buatan di Montreal. Struktur modular dimaksudkan untuk menciptakan kembali kehidupan perkotaan dan saat ini berdiri sebagai kaki arsitektur yang unik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro