Uni Emirat Arab adalah salah satu negara dengan jalan terbaik di dunia
Travel

Ini Daftar 5 Jalan Raya Terbaik di Dunia, Indonesia Termasuk?

Redaksi
Senin, 2 Oktober 2023 - 16:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jalan raya mempunyai pengaruh yang cukup penting terhadap pertumbuhan dan pembangunan suatu negara. Memiliki jalan raya yang baik memberikan manfaat terhadap pertumbuhan ekonomi.

Setiap negara berusaha untuk membangun jalan raya yang baik sehingga mobilitas dan distribusi barang dan jasa menjadi lebih cepat dan mudah. Selain itu, transportasi jalan raya yang baik menghubungkan produksi dengan distribusi, serta menyediakan pintu masuk yang sesuai ke pasar yang luas.

Dalam jangka panjang, hal ini akan berdampak besar pada peningkatan laba perusahaan, serta peningkatan PDB negara secara signifikan. 

Kondisi jalan di seluruh dunia saat ini  telah mengalami peningkatan secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini membantu kelancaran dalam proses pertumbuhan ekonomi. 

Daftar negara dengan jalan terbaik di dunia yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Uni Emirat Arab

Menurut para ahli, Uni Emirat Arab adalah salah satu negara dengan jalan terbaik di dunia. Uni Emirat Arab memiliki jaringan jalan terbaik secara global. 

Di Uni Emirat Arab, semua jalan raya memiliki setidaknya tiga jalur masing-masing. Jalan dibangun sedemikian rupa sehingga area yang berpotensi bahaya ditutup dengan sekat dan tata letaknya sangat nyaman dan aman bagi pengemudi.

Menurut Laporan Global Competitiveness Report yang dikeluarkan oleh  World Economic Forum pada tahun 2019, Uni Emirat Arab menempati posisi ketujuh dalam indeks kualitas jalan.

2. Finlandia

Pemerintah Finlandia memberikan prioritas tinggi pada pemeliharaan jalan raya karena dianggap sebagai aset publik. Perusahaan swasta dan utilitas publik sering mengeluarkan uang untuk membangun jalan berkualitas di Finlandia.

Terlepas dari iklimnya, Finlandia selalu menemukan cara untuk memelihara jalan berkualitas tinggi. Perlu diketahui juga jika jalanan di Finlandia menjadi salah satu jalanan yang paling padat. 

3. Swiss

Jalan-jalan di Swiss tidak hanya terkenal karena kualitas cakupannya, tetapi juga karena jaringan luasnya yang terdiri dari banyak simpang susun yang kompleks. Di Swiss, teknologi khusus digunakan untuk pembangunan jalan.

Seperti kebanyakan negara maju, pembangunannya ditangani oleh para ahli. Di Swiss, jalan-jalannya terhubung sedemikian rupa sehingga orang dapat dengan mudah mencapai sudut dan lereng paling terpencil di pegunungan Alpen. 

kondisi jalan di swiss
kondisi jalan di swiss

4. Belanda

Di Belanda, jalan yang bagus terlihat menonjol di seluruh negara. Terlepas dari kondisi tanah di negara ini yang datar dan kesulitan transportasi jalan raya akibat banyaknya jembatan dan sungai, para pembangun jalan telah berhasil menemukan solusi terhadap permasalahan ini.

Solusi ini juga berlaku untuk rute kecil satu jalur yang sederhana sehingga tidak ada biaya untuk jalan raya di Belanda. Solusi tersebut juga mampu membuat Belanda dikategorikan sebagai jalan terbaik di dunia. 

5. Singapura

Singapura telah mendapatkan reputasi global karena memiliki sistem jalan terbaik. Infrastruktur jalan di negara ini dipelihara dengan baik dan memiliki permukaan yang mulus, rambu-rambu yang jelas, dan sistem manajemen lalu lintas yang efisien.

Jaringan jalan raya Singapura mencakup jarak lebih dari 3.000 kilometer, terdiri dari beberapa jalan tol dan jalan raya yang menghubungkan berbagai wilayah di pulau tersebut.

Sistem transportasi negara ini dibangun untuk melayani pengemudi dan pejalan kaki, dengan jalur sepeda dan jalur pejalan kaki yang terpisah. Selain itu, integrasi teknologi modern seperti sistem manajemen lalu lintas berkemampuan GPS dan sistem pengumpulan tol otomatis memastikan lalu lintas bergerak dengan lancar dan efisien di jalan-jalan Singapura. (Ernestina Jesica Toji)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro