/gizmag/Asus
Health

Bahaya Penggunaan Earphone Saat Tidur

Redaksi
Senin, 9 Oktober 2023 - 19:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Penggunaan earphone semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, tetapi penggunaan earphone bisa membawa masalah jika digunakan dengan salah.

Earphone memungkinkan orang menikmati musik dan melakukan percakapan dari mana saja dan kapan saja. Kemudahan penggunaan earphone dan mobilitas semakin diminati karena masyarakat menghabiskan lebih banyak waktu secara virtual.

Di sisi lain, kebanyakan orang sulit tidur di lingkungan yang bising dan earphone adalah cara populer untuk mengurangi kebisingan dari luar. Suara yang menenangkan, seperti musik piano dan white noise, juga dapat membantu orang rileks sebelum tertidur dengan menurunkan detak jantung dan mengurangi stres.

Dilansir Mattress Nerd (9/10/2023) tidak ada salahnya mengandalkan earphone untuk melepas lelah sebelum tidur, tetapi tertidur dengan earphone menimbulkan beberapa risiko kesehatan. 

Berikut risiko yang terkait dengan tidur dengan earphone:

1. Gangguan Pendengaran 

Mendengarkan suara dengan volume tinggi dapat menyebabkan gangguan pendengaran seiring berjalannya waktu, meskipun musiknya damai dan menenangkan. Mengekspos diri secara teratur pada volume yang lebih tinggi dari 60 desibel dapat menyebabkan kerusakan pendengaran. 


2. Otitis Eksterna 

Otitis eksterna terjadi ketika kulit di saluran telinga mengalami iritasi. Hal ini sering kali disebabkan oleh penggunaan earphone yang masuk jauh ke dalam saluran telinga. Cairan mungkin mulai bocor di saluran telinga saat earbud bergesekan dengan bagian dalam telinga, menyebabkan peradangan yang dapat menimbulkan rasa sakit.

earphone bikin sakit telinga
earphone bikin sakit telinga


3. Penumpukan Kotoran Telinga

Saat memakai earphone di malam hari, hal ini dapat menghalangi sirkulasi udara di dalam dan sekitar telinga, yang menyebabkan kotoran telinga menempel erat ke dalam saluran telinga. Hal ini terutama berlaku pada earbud dan dapat menjadi masalah dalam jangka panjang.


4. Tidak Menyadari Keadaan Darurat 

Tidur dengan earphone di malam hari dapat menyebabkan seseorang melewatkan tanda-tanda darurat seperti kebakaran, pembobolan, masalah medis atau situasi darurat lainnya.


5. Sakit Kepala Karena Tekanan 

Beberapa orang mungkin mengalami sakit kepala karena earphone yang terlalu ketat sehingga memberi tekanan pada tengkorak mereka. Menggunakan sepatu yang lebih nyaman dapat membatasi gejala-gejala ini


6. Nekrosis 

Earphone yang tidak pas dapat merusak kulit di saluran telinga seiring waktu, yang terjadi ketika aliran darah tidak cukup untuk menjaga sel tetap hidup. Earphone yang lebih longgar dapat mencegah hal ini terjadi. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro