Bahasa Indonesia/
Travel

5 Negara dengan Jumlah Bahasa Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia

Redaksi
Rabu, 11 Oktober 2023 - 17:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Beberapa negara di dunia memiliki puluhan, hingga ratusan bahasa sebagai media berkomunikasi antar warga negaranya.

Menurut data dari World Economic Forum (WEF), saat ini terdapat sekitar 7.117 bahasa di dunia, tetapi bahasa-bahasa ini tidak tersebar secara merata di seluruh dunia. Sedangkan menurut data dari para peneliti di Ethnologue, ada sekitar 7.168 bahasa yang digunakan di seluruh dunia saat ini.

Adapun perbedaan bahasa tersebut dipengaruhi oleh keanekaragaman budaya di wilayah tersebut. Namun, sekitar 40% dari bahasa-bahasa ini terancam punah, dengan jumlah penutur kurang dari 1.000 orang.

Melansir laman Insider Monkey, Rabu (11/10/2023), berikut adalah 5 negara dengan jumlah bahasa terbanyak di dunia.

1. Papua Nugini

Total bahasa resmi: 840

Papua Nugini, negara dengan bahasa paling beragam di dunia, memiliki sekitar 840 bahasa dengan populasi penutur yang beragam.

Negara ini memiliki tiga bahasa resmi setelah kemerdekaan, yaitu Bahasa Inggris, Tok Pisin (bahasa Kreol), dan Hiri Motu.

Pada tahun 2015, negara ini menambahkan bahasa isyarat di negaranya. Meskipun demikian, medan yang berat dan populasi pedesaan di negara ini (sekitar 87%) telah memungkinkan banyak bahasa untuk tetap bertahan, dengan beberapa desa yang masih terisolasi dan tidak tersentuh oleh dunia luar.

2. Indonesia

Total bahasa resmi: 712

Indonesia adalah salah satu negara paling multibahasa di dunia, dengan lebih dari 700 bahasa yang digunakan.

Bahasa resminya adalah Bahasa Indonesia, yang digunakan oleh hampir semua orang. Bahasa-bahasa yang terkenal di Indonesia termasuk bahasa Jawa dengan 75 juta penutur, bahasa Sunda dengan lebih dari 30 juta penutur, bahasa Madura dengan 13 juta penutur, dan bahasa Minangkabau dengan 6 juta penutur.

Negara ini juga memiliki berbagai bahasa daerah seperti Bali, Batak, dan Bugis, masing-masing dengan persentase penutur yang berbeda-beda.

3. Nigeria

Total bahasa resmi: 527

Nigeria merupakan salah satu negara multibahasa, dengan lebih dari 500 bahasa yang digunakan.

Bahasa resminya adalah bahasa Inggris, tetapi bahasa yang paling banyak digunakan adalah bahasa Hausa, dengan 35 juta penutur asli dan 15 juta penutur bahasa kedua.
Bahasa lain yang banyak digunakan adalah Yoruba, Igbo, Fulfulde, Kanuri, dan Tiv.

4. India

Total bahasa resmi: 391

India merupakan salah satu negara yang paling multibahasa di dunia, dengan 22 bahasa resmi yang diakui, termasuk bahasa Hindi dan Inggris.

Bahasa Hindi adalah bahasa yang paling banyak digunakan, dengan lebih dari 57% menggunakannya sebagai bahasa pertama.

5. Amerika Serikat

Total bahasa resmi: 350

Di Amerika Serikat, bahasa Inggris adalah bahasa utama yang digunakan oleh sekitar 78% populasi, membuat AS berada di urutan kelima di antara negara-negara paling multibahasa di dunia.

Namun, menurut Biro Sensus AS, hampir 1 dari 5 orang di antara sekitar 67,8 juta orang, berbicara dalam bahasa selain bahasa Inggris di rumah.

Bahasa Spanyol adalah bahasa non-Inggris yang paling banyak digunakan. Selain itu, bahasa lain yang umum digunakan di AS adalah bahasa Mandarin, Vietnam, Tagalog, dan Arab. Kresensia Kinanti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro