Kanker payudara/hindustantimes.com
Health

Hari Tanpa Bra: Ini Sejarah, Makna dan Cara Merayakannya

Redaksi
Jumat, 13 Oktober 2023 - 15:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – No Bra Day adalah peringatan tahunan pada tanggal 13 Oktober untuk mendorong perempuan agar tidak memakai bra sebagai sarana untuk mendorong kesadaran akan kanker payudara.

Hari Tanpa Bra Sedunia bukan hanya sekedar peringatan dan dorongan sadar akan kanker payudara tetapi ini lebih terkhusus pada perjuangan melawan kanker payudara. Hari ini mendorong individu untuk tidak memakai bra selama sehari, tidak hanya untuk merayakan kebebasan dari pakaian dalam tetapi juga untuk mempromosikan pemeriksaan payudara sendiri dan mendukung mereka yang terkena kanker payudara.

Hari Tanpa Bra Nasional merupakan wadah untuk membahas kesehatan payudara dan kepercayaan diri sekaligus menekankan pentingnya deteksi dini.

Sejarah Hari Tanpa Bra/ No Bra Day

No Bra Day adalah kesempatan untuk mendukung wanita yang pernah atau sedang mengalami kanker payudara. Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang kondisi tersebut.

Awalnya diperingati pada tanggal 9 Juli 2011, tetapi dalam waktu tiga tahun kemudian dipindahkan ke hari ke-13 Bulan Peduli Kanker Payudara Nasional, yaitu bulan Oktober.
Banyak wanita mengidap kanker payudara dalam hidup dan harus berjuang melawan penyakit yang, dalam kasus terburuk bahkan bisa mematikan.

Payudara yang merupakan identifikasi utama dari seorang wanita, secara visual, jika payudara tersebut diangkat dalam pertarungan dapat menyebabkan masalah citra diri dan depresi.

Wanita yang telah berjuang melawan kanker payudara, sering kali harus memakai prostesis untuk menyembunyikan fakta bahwa payudaranya telah diangkat, sehingga mustahil bagi mereka untuk pergi tanpa bra. Maka No Bra Day hadir untuk menyebarkan kesadaran dan membantu mencegah wanita lain mengalami trauma ini dengan tidak mengenakan bra pada hari itu.

Cara merayakan Hari Tanpa Bra

Merayakan hari istimewa itu semudah tidak memakai bra, jika sedang mood. Pilihan penting lainnya termasuk menjadwalkan janji temu dengan dokter untuk menjalani pemeriksaan payudara. Dengan media sosial yang selalu tersedia, kamu juga dapat menyediakan infografis dan artikel informatif. Seseorang juga dapat mengumpulkan dana untuk tujuan ini dan membantu badan amal kanker di luar sana dan juga dapat mengatur acara untuk menciptakan kesadaran.

Saat menyampaikan dukungan untuk Hari Tanpa Bra Nasional 2023 dan mengadvokasi kesadaran kesehatan payudara dan kepositifan tubuh, pertimbangkan untuk menggunakan tagar yang relevan berikut untuk terhubung dengan orang lain yang berpartisipasi dalam kampanye penting ini:

#NoBraDay
#Kesehatan Payudara
#TubuhPositif
#KesadaranKanker Payudara
#Pemeriksaan Mandiri
#DukunganSurvivors
#Merah MudaOktober

Dengan menggunakan hashtag ini, kamu dapat bergabung dalam percakapan global yang memberdayakan individu untuk memprioritaskan kesehatan payudara, merayakan kepositifan tubuh, dan mendukung mereka yang terkena dampak kanker payudara. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro